Sebuah celah sempit disinari cahaya putih (cahaya matahari) dengan Iebar celah 5 x 10^-5 cm. Pada layar akan terlihat ….

Sebuah celah sempit disinari cahaya putih (cahaya matahari) dengan Iebar celah 5 x 10^-5 cm. Pada layar akan terlihat ….
a. pita gelap dan terang
b. gelap seluruhnya
c. terang seluruhnya
d. pita-pita spektrum
e. hanya spektrum orde pertama

jawaban soal ini adalah A. pita gelap dan terang

Penjelasan:
Saat cahaya matahari melewati celah yang sangat kecil maka dapat terjadi peristiwa terbentuknya pita gelap dan terang. Peristiwa tersebut disebut sebagai difraksi celah tunggal. Setelah cahaya melalui celah tersebut, terbentuklah cahaya baru yang menyebar ke segala arah.

Jadi, pada layar akan terlihat pita gelap dan terang. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah A.

Baca Juga :  Negara maju yang berada di bumi bagian selatan adalah Singapura, Australia, dan Selandia Baru. Berikut pembahasannya, negara-negara di dunia terbagi menjadi dua kategori yaitu negara maju dan negara berkembang. Negara maju adalah negara dengan sistem perekonomiannya berorientasi pada sektor industri, sedangkan negara berkembang yaitu negara dengan sistem perekonomian berorientasi pada sektor agraris. Berdasarkan pembagian tersebut negara-negara maju banyak berada di kawasan bumi bagian utara, sedangkan negara berkembang berada di kawasan bumi bagian selatan. Berdasarkan peta persebaran negara-negara maju dan negara berkembang kedua kawasan ini dipisahkan oleh garis khayal atau brandt line yang merupakan garis yang memisahkan negara-negara maju di kawasan bumi bagian utara dan negara-negara berkembang di kawasan bumi bagian selatan. Namun berdasarkan peta persebaran kategori negara tersebut, di bumi bagian selatan terdapat beberapa negara yang termasuk ke dalam kategori negara maju, negara-negara tersebut adalah Singapura, Australia, dan Selandia Baru. Jadi, negara maju yang berada di bumi bagian selatan adalah Singapura, Australia, dan Selandia Baru.