2. BAGAIMANA MENGATASI PELAPISAN MAYARAKAT YANG BERSIFAT NEGATIF, MISALNYA KAYA DAN MISKIN. JELASKAN

2. BAGAIMANA MENGATASI PELAPISAN MAYARAKAT YANG BERSIFAT NEGATIF, MISALNYA KAYA DAN MISKIN. JELASKAN

Jawabannya adalah
1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
2. Memberi akses yang sama kepada seluruh masyarakat
3. Melakukan pemberdayaan masyarakat.
4. Memberikan subsidi bantuan kepada masyararakat.

Pembahasan konsep.

Poin soal berkaitan dengan ketimpangan sosial. Ketimpangan sosial adalah situasi di tengah masyarakat yang menunjukkan adanya ketidakmerataan atau ketidakseimbangan. Artinya ketimpangan sosial disebabkan karena adanya perbedaan kesempatan dalam bidang-bidang sosial yang disebabkan oleh faktor ekonomi, budaya, politik dan lain sebagainya. Ketimpangan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat secara umum berkaitan dengan faktor ekonomi, yang memengaruhi adanya perbedaan kelas sosial berupa kaya dan miskin. Hal tersebut dilihat dari kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup terutama kebutuhan pokok. Sehingga untuk mengatasi adanya ketimpangan tersebut diperlukan beberapa upaya yaitu :

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini berkaitan dengan kemampuan serta kompetensi yang dimiliki oleh individu, dengan adanya peningkatan kompetensi akan memengaruhi kualitas SDM yang ada dalam diri individu untuk bersaing dalam melakukan peningkatan taraf serta kualitas kehidupan yang lebih baik.
2. Memberi akses yang sama kepada seluruh masyarakat. Artinya semua orang memiliki kesetaraan dalam meningkatkan taraf hidu serta ikut serta dalam bidang-bidang sosial.
3. Melakukan pemberdayaan masyarakat. Artinya masyarakat dibina untuk mengembangkan potensi yang dimiliki melalui pemberdayaan dnegan memberikan pelatihan keterampilan dan lain sebagainya.
4. Memberikan subsidi bantuan kepada masyararakat. Hal ini berkaitan dengan upaya pemerintah dalam mengatasi ketimpangan sosial dengan memberikan bantuan-bantuan untuk masyarakat miskin berupa BLT, sembako, bahkan beasiswa pendidikan kepada siswa yang memiliki ekonomi lemah dan memiliki prestasi.

 

Baca Juga :  Jelaskan mengapa intraksi penting bagi keberadaan suatu kelompok sosial?

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com