Terdapat bintil-bintil akar pada akar kacang tanah menguntungkan tanaman itu sendiri. SEBAB Dengan adanya bintil-bintil pada susunan akarnya permukaan akar yang dapat digunakan menyerap zat-zat yang diperlukan menjadi luas.

Terdapat bintil-bintil akar pada akar kacang tanah menguntungkan tanaman itu sendiri.
SEBAB
Dengan adanya bintil-bintil pada susunan akarnya permukaan akar yang dapat digunakan menyerap zat-zat yang diperlukan menjadi luas.

Jawaban yang benar adalah pernyataan benar dan alasan salah.

Beberapa jenis tumbuhan seperti kelompok kacang-kacangan dan polong-polongan seringkali memiliki bintil-bintil pada akarnya yang menguntungkan tanaman itu sendiri (pernyataan 1 benar). Bintil-bintil tersebut sebenarnya merupakan struktur yang terbentuk dari kolonisasi bakteri tertentu, seperti bakteri pemfiksasi nitrogen, 𝘙𝘩𝘪𝘻𝘰𝘣𝘪𝘶𝘮 sp. Bakteri ini berinteraksi secara simbiosis mutualisme dengan tumbuhan.

Dengan adanya bintil-bintil pada susunan akarnya, maka tumbuhan memperoleh lebih banyak nitrogen akibat aktivitas bakteri pemfiksasi nitrogen tersebut (pernyataan 2 salah). Ketersediaan nitrogen ini sangat penting bagi tumbuhan terutama pada keadaan kurangnya nitrogen terlarut di tanah. Bintil akar berbeda dari struktur hifa pada mikoriza arbuskula yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan yang berfungsi untuk meningkatkan luas penyerapan zat-zat dari tanah (pernyataan 2 salah)

Dengan demikian pernyataan “Terdapat bintil-bintil akar pada akar kacang tanah menguntungkan tanaman itu sendiri” adalah benar, namun alasannya bukan karena “Dengan adanya bintil-bintil pada susunan akarnya permukaan akar yang dapat digunakan menyerap zat-zat yang diperlukan menjadi luas”. Maka pernyataan benar dan alasan salah.

Baca Juga :  Isi tri komando rakyat adalah ....