7 Cara Mengosongkan Penyimpanan Internal Yang Penuh Di Android

Memori internal mempunyai peran yang sangat vital baik di smartphone maupun tablet dengan sistem operasi Android. Memori internal menjadi tempat penyimpanan segala macam berkas mulai dari berkas penting seperti aplikasi, foto, video, hingga berkas yang tidak penting seperti file-file sampah atau cache.

Memori penyimpanan pada umumnya mempunyai space penyimpanan yang berbeda-beda. Namun ketika daya tampungnya sudah memenuhi batas, maka memori akan kehilangan fungsi optimalnya.

Itulah penyebab Anda tidak bisa memasang aplikasi baru, tidak bisa mendownload suatu file, bahkan untuk aktivitas mengambil foto saja pun tidak bisa.

Lalu bagaimana solusinya? Solusi nya hanya satu, yaitu melegakan memori tersebut. Berikut saya akan berikan 6 cara agar memori smartphone Anda lega kembali dan bisa berfungsi kembali dengan optimal.

7 Cara Mengosongkan Penyimpanan Internal Yang Penuh di Android

Ini dia cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan ruang pada penyimpanan internal Android yang penuh.

1. Hapus Aplikasi-Aplikasi Yang Jarang atau Tidak Pernah Lagi Digunakan

Cara ini dapat Anda lakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Setting-> Installed Apps
  2. Kemudian sortir daftar aplikasi yang ada di smartphone Anda berdasarkan ukuran dari yang terbesar hingga yang terkecil.
  3. Hapus Aplikasi yang sudah jarang atau tidak pernah terpakai dimulai dari ukuran yang paling besar.

Hal ini berfungsi untuk memberikan kelonggaran ruang penyimpanan pada smartphone Anda. Serta memperbaiki kinerja smartphone Anda yang sebelumnya kinerjanya lambat menjadi lebih cepat.

2. Menghapus Cache

Chace sangat bagus jika dibersihkan secara berkala. Seiring waktu Chace akan semakin besar dengan pemakaian aplikasi yang dilakukan terus menerus. Cache menjadi salah satu penyebab penuhnya ruang penyimpanan internal smartphone jika tidak dibersihkan secara berkala.

Berikut Langkah-Langkah Menghapus Cache melalui Setting:

  1. Masuk ke menu Pengaturan-> Pengaturan lainya->Pengelola Aplikasi
  2. Pilih satu-satu Aplikasi yang ingin dihapus cache nya.
  3. Pilih Penyimpanan->Bersihkan Cache

Jika Cara ini dirasa cukup lama dan buang-buang waktu. Maka Anda bisa menghapus cache dengan aplikasi Ccleaner yang sudah terbukti cepat dalam membersihkan cache.

3. Menghapus Aplikasi Bloatware (Aplikasi Bawaan)

Aplikasi Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang sejak pertama kali smartphone dibeli. Aplikasi bawaan tidak semua bermanfaat, ada juga yang tidak bermanfaat atau tidak pernah digunakan karena fungsinya yang tidak terlalu vital. Sehingga tidak mengapa jika Anda ingin menghapusnya.

Hanya saja banyak aplikasi bloatware yang sulit dicopot dari perangkat. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mencopotnya dari perangkat Anda. Paling tidak Anda bisa menon-aktifkan aplikasi bloatware tersebut dengan cara masuk ke Setting->App->All. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda non-aktifkan, lalu pilih Disable

4. Hapus Unduhan

Berkas yang Anda download biasanya akan tersimpan secara otomatis didalam folder download. Dan ketika berkas yang didownload berupa aplikasi, biasanya berkas akan terabaikan setelah aplikasi terpasang. Berkas ini akan menumpuk dan hanya akan membuat ruang penyimpanan Anda penuh. Maka dari itu, Anda dapat menghapus berkas tersebut jika dirasa benar-benar sudah tidak dibutuhkan lagi, dengan cara pergi ke file manager->internal->download->hapus file yang diinginkan.

5. Pindahkan Berkas, Aplikasi, Game, Foto, dan Video

Bagi Anda yang sayang jika harus menghapus Berkas, aplikasi, game, ataupun foto yang ada di ruang penyimpanan internal. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengosongkan ruang memori internal Anda. Yaitu memindahkan Berkas, Aplikasi, Game ataupun foto ke memori external. Walaupun tidak semua file bisa dipindahkan ke memori external, tetapi jika berhasil maka itu akan sangat berguna sekali untuk melonggarkan ruang penyimpanan memori internal.

6. Gunakan Layanan Cloud

Gunakan layanan ini untuk memindahkan berkas berkas seperti foto, video, dan musik. Anda bisa menyimpan video ataupun foto di salah satu layanan cloud yang tersedia seperti Dropbox ataupun Flickr.

7. Gunakan Aplikasi Files by Google Untuk Mengosongkan Ruang

Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Anda dengan menggunakan Aplikasi Files by Google yang dapat Anda download di Google Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menghapus file-file yang berukuran besar yang sudah tidak digunakan lagi.

Berikut Langkah-Langkahnya:

  1. Buka Aplikasi
  2. Kemudian klik tombol Cari
  3. Pilih kategori file yang ingin dihapus. Contoh pilih kategori video. Setelah itu akan ditampilkan file-file video yang ada di perangkat Anda.
  4. Kemudian setelah file video dibuka, klik titik tiga di pojok kanan atas untuk mengurutkan file yang terbesar ke file yang terkecil
  5. Kemudian kita pilih tombol urutkan menurut. Lalu pilih Ukuran (terbesar dulu). Nah, akan kita temukan sejumlah file yang berukuran besar.
  6. Setelah itu Anda bisa memilih file besar apa saja yang tidak Anda butuhkan untuk Anda hapus.
  7. Pilih Hapus
  8. Kemudian anda juga dapat menghapus file-file besar lainya, seperti di file Aplikasi yang masih terdapat aplikasi sudah tidak digunakan.

Jika cara di atas masih belum jelas, Anda bisa tonton video berikut ini

Akhir Kata

Demikian itulah informasi mengenai cara mengosongkan ruang penyimpanan internal yang penuh di Android. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Terimakasih dan semoga Berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *