Pokok pokok isi buku dapat dirumuskan berdasarkan hal hal penting yang terdapat pada bagian bagian… buku

pokok pokok isi buku dapat dirumuskan berdasarkan hal hal penting yang terdapat pada bagian bagian… buku

a. bab

b. subbab

c. paragraf

d. alinea

Jawaban yang tepat adalah B.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Buku nonfiksi adalah buku yang dihasilkan dengan pengamatan dan memerlukan data dalam pembuatannya sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya.

Unsur-unsur buku nonfiksi, yaitu:
1. Sampul buku (cover), yaitu unsur yang memuat judul buku, penulis, dan nama penerbit. Selain itu sering juga disertai tahun terbit dan edisinya.
2. Pokok bab buku, yaitu unsur yang berisi kata pengantar disertai dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak berjasa yang sudah membantu penulis dalam menyusun buku tersebut.
3. Judul bab dan subbab, yaitu unsur yang biasanya memuat rumusan pokok-pokok isi buku yang disusun pada bagian daftar isi. Dengan begitu pembaca akan lebih mudah menemukan bagian yang ingin dituju.
4. Isi buku, terdiri atas beberapa bab yang di dalamnya memuat pendahuluan, paparan utama, dan penutup.
5. Cara menyajikan isi buku yang ada pada bagian daftar pustaka berisi daftar buku dan sumber-sumber yang digunakan untuk menulis buku tersebut.
6. Bahasa yang digunakan, yaitu unsur yang biasanya dimuat pada halaman glosarium.
7. Sistematika penulisan, yaitu unsur penting di dalam penyusunan tulisan nonfiksi yang bertujuan untuk merapikan penulisan secara urut, runtut, dan membuatnya mudah untuk dipahami pembaca.

Berdasarkan penjelasan di atas, pokok pokok isi buku dapat dirumuskan berdasarkan hal hal penting yang terdapat pada bagian bagian subbab buku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga :  Pada permukaan sebuah danau terdapat dua buah gabus kecil yang terpisah satu sama lain. Kedua gabus itu bergerak turun naik bersama di permukaan air. Salah satu gabus berada di puncak gelombang, yang lainnya berada di dasar lembah gelombang. Diantara kedua gabus terdapat sebuah lembah gelombang sehingga jarak antar gabus 330 m. Kedua gabus bergerak naik turun sebanyak 30 kali dalam waktu satu menit. Selang waktu yang dibutuhkan jika terjadi 48 gelombang adalah …