Salah satu sumbangan India dan Australia dalam menyelesaikan konflik dengan pihak Belanda

salah satu sumbangan India dan Australia dalam menyelesaikan konflik dengan pihak Belanda

Jawaban: membantu dalam penyelesaian Agresi Militer II dan mendesak Belanda untuk mengakui kedaulatan kemerdekaan Indonesia

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini

Kemerdekaan Indonesia masih terus diperjuangkan oleh para pendiri bangsa karena Belanda yang tidak mau mengakui kedaulatan Indonesia. Dalam perjuangan ini ada beberapa negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia, seperti India dan Australia.
– India memprakarsai Konferensi Inter-Asia yang hasilnya disampaikan kepada Dewan keamanan PBB. Dari sinilah, PBB mengeluarkan sebuah Resolusi yang berisi genjatan senjata pasca Agresi Militer II, pembebasan tawanan politik RI, mengembalikan pemerintah RI ke Yogyakarta, dan segera dilakukan perundingan damai antara Indoensia-Belanda dibawah UNCI
– Australia juga mendukung membantu kemerdekaan Indonesia dan membantu menyelesaikan konflik dengan Belanda melalui desakkannya di Komite PBB untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Australia juga menjadi perwakilan Indonesia dalam Komisi Tiga Negara sebagai mediator di Perjanjian Renville. Australia juga melakukan Black Armada yakni memblokade kapal-kapal persejataan Belanda yang akan menuju Indonesia, hal ini tentunya sangat merugikan Belanda.

Dengan demikian, salah satu sumbangan India dan Australia dalam menyelesaikan konflik dengan pihak Belanda adalah penyelesaian pasca Agresi Militer Belanda II di PBB dan mendesak Belanda untuk mengakui kedaulatan Indonesia.

Semoga membantu

Baca Juga :  Aliran air yang mengalir memanjang mulai dari sumber air sampai ke lautan disebut dengan…