Apa yang dimaksud dengan zaman paleolitikum

apa yang dimaksud dengan zaman paleolitikum

Palaeolitikum adalah zaman batu tua.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Zaman batu di bagi menjadi tiga, yaitu palaeolitikum atau zaman batu tua, mesolitikum atau zaman batu tengah dan neolitikum atau zaman batu muda. Pembagian ini didasarkan pada bagaimana kualitas perkakas atau peralatan batu yang dihasilkan. Pada zaman pelaeolitikum/batu tua, peralatan batu yang dihasilkan masih sangat kasar, bentuknya masih sangat sederhana, dan jenisnya masih sangat sedikit, salah satu contohnya alat serpih. Alat serpih digunakan untuk menusuk, memotong, melubangi, atau merobek kulit/daging hewan buruan.

Ciri zaman paleolitikum adalah berburu dan berpindah-pindah (nomaden), masa paleolitikum bersamaan dengan kala Pleistosen. Masa pleistosen merupakan bagian pertama dari Zaman Kuarter, yang berlangsung sejak 2,6 juta hingga 11.000 tahun yang lalu. Pada masa ini, masyarakatnya hidup dalam kelompok kecil, mereka tidak hidup di satu tempat karena masih tergantung pada alam. Untuk mencari makan, mereka akan mencari tempat-tempat yang memiliki makanan, dan sekiranya makanan di alam sudah habis, mereka akan pindah ketempat lain, dengan begitu hidup mereka bersifat nomaden.

Dengan demikian, Palaeolitikum adalah zaman batu tua, dimana masyarakatnya menghasilkan budaya yaitu peralatan dar batu yang masih kasar.

Baca Juga :  Jika kecepatan gelombang sebuah dasar laut 15 m/s dan waktu tiba gelombang sebesar 2 jam. Barapakah kedalaman air laut tersebut