Kehidupan sosial budaya lembah sungai indus

kehidupan sosial budaya lembah sungai indus

Jawaban: Adanya sistem stratifikasi dan sistem bangunan yang sudah maju

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini

Studi mendalam peradaban lembah sungai Indus pernah dilakukan oleh beberapa tokoh seperti John Masrshall hingga R. D. Bannerji. Periode lembah sungai Indus sejajar dengan lembah sungai Nil. Peradaban ini memiliki beberapa karakteristik yakni sebuah negara agama, memiliki stratifikasi sosial, terdapat golongan pendeta, dan struktur kota serta bangunan yang rapi. Karakteristik ini menggambarkan bahwa kondisi sosial masyarakat di lembah sungai Indus sudah mengenal sistem stratifikasi atau pembagian masyarakat berdasarkan golongan. Sedangkan, budaya yang berkembang salah satunya adalah arsitektur yang sudah tertata. Bangunan di sungai lembah Indus diakui para ahli memang mengesankan, mereka sudah mampu menciptakan saluran air di tengah kota.

Dengan demikian, kehidupan sosial masyarakat lembah sungai Indus sudah mengenal sistem pembagian masyarakat. Kehidupan budaya lembah Indus sudah maju yang dapat dibuktikan dari hasil bangunan dengan sistem yang terstruktur.

Baca Juga :  Lengkapi nama organ reproduksi pria di bawah ini tampak dari samping dan depan serta jelaskan masing-masing fungsinya! Tampak samping 5. ..... fungsi : .....