Budi sedang berjalan di halaman rumahnya, tanpa sengaja budi menginjak serpihan kaca. saat menginjak kaca, sel saraf yang disebut nosiseptor akan mengirimkan sinyal bahwa kaki budi sedang terluka. otaknya yang menerima sinyal ini akan segera memerintahkan kaki budi untuk mengangkat dan menghindari sunber nyeri sehingga kerusakan yang terjadi tidak menjadi lebih parah. reseptor pada kulit yang dapat merespon rasa nyeri tersebut adalah…

budi sedang berjalan di halaman rumahnya, tanpa sengaja budi menginjak serpihan kaca. saat menginjak kaca, sel saraf yang disebut nosiseptor akan mengirimkan sinyal bahwa kaki budi sedang terluka. otaknya yang menerima sinyal ini akan segera memerintahkan kaki budi untuk mengangkat dan menghindari sunber nyeri sehingga kerusakan yang terjadi tidak menjadi lebih parah. reseptor pada kulit yang dapat merespon rasa nyeri tersebut adalah…
a. korpus meissner b. korpus pacinni
c. ujung saraf terbuka d. korpus ruffini
e. korpus krausse

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah C. ujung saraf terbuka.

Simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini :

Kulit merupakan salah satu organ sistem ekskresi yang ada di permukaan tubuh. Pada kulit terdapat reseptor yang peka terhadap rangsang fisik (mekanoreseptor), seperti sentuhan, tekanan, panas, dingin, dan nyeri.

Reseptor merupakan alat yang mampu menerima rangsang. Lima tipe reseptor pada kulit (berdasarkan gambar pada soal) sebagai berikut :
1. Korpus Ruffini, merupakan reseptor untuk merespons rangsang berupa panas.
2. Korpus Meissner, merupakan reseptor untuk merespons rangsang berupa sentuhan.
3. Ujung saraf terbuka (ujung saraf tanpa selaput), merupakan reseptor untuk merespons rangsang berupa rasa sakit atau nyeri.
4. Korpus Krausse, merupakan reseptor untuk merespons rangsang berupa dingin.
5. Korpus Paccini, merupakan reseptor untuk merespons rangsang berupa tekanan.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa reseptor pada kulit yang dapat merespon rasa nyeri tersebut adalah ujung saraf terbuka.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. ujung saraf terbuka.

Baca Juga :  Hasil dari √2016 x√14 adalah... A. 56 B. 63 C. 126 D. 168​