Breaking News

Perhatikan beberapa gerakan berikut! 1) kiper menangkap bola yang datang ke arahnya. 2) berjingkat ketika kaki menginjak paku. 3) mata berkedip ketika kemasukan debu. 4) menuang air panas kedalam gelas. 5) berlari mengejar bayangan. Gerak biasa ditunjukkan oleh angka . . . .

Perhatikan beberapa gerakan berikut!

1) kiper menangkap bola yang datang ke arahnya.
2) berjingkat ketika kaki menginjak paku.
3) mata berkedip ketika kemasukan debu.
4) menuang air panas kedalam gelas.
5) berlari mengejar bayangan.

Gerak biasa ditunjukkan oleh angka . . . .

Pembahasan :

Pengertian Gerak Biasa adalah gerakan yang terjadi karena proses yang disadari. Pada Gerak Biasa, impuls dari indra diterima oleh saraf sensorik langsung disampaikan ke otak sehingga terjadi gerak, sedangkan Pengertian Gerak Refleks adalah respons yang spontan terhadap suatu rangsang tanpa melibatkan koordinasi otak. Gerak Refleks sangat penting untuk perlindungan tubuh terhadap berbagai aktifitas yang berhubungan dengan pergerakan, sikap tubuh, dan pergerakan bermacam organ dalam tubuh. Refleks baru dapat terjadi bila didukung oleh adanya lengkung refleks. Lengkung Refleks terdiri dari reseptor, saraf sensorik, sumsum tulang belakang, saraf motorik. Efektor, dan otot.

Ada perbedaan yang cukup terlihat dari gerak biasa dengan gerak refleks. Gerak biasa pada tubuh manusia terdiri dari tulang, otot, sendi, dan organ lainnya seperti ligamen atau tulang rawan. Sedangkan pada gerak refleks, adalah gerakan tiba-tiba sebagai respon terhadap stimulus yang melibatkan neuron

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Apakah air laut termasuk zat tunggal atau campuran