Breaking News

Sony ingin menimbang bahan kimia berbentuk serbuk sebagai bahan praktikum. Sebagai peserta didik yang mengerti tata cara penggunaan alat- alat laboratorium, Sony menggunakan gelas arloji sebagai alas bahan kimia tersebut. Benarkah tindakan yang dilakukan Sony tersebut? Jelaskan!

Sony ingin menimbang bahan kimia berbentuk
serbuk sebagai bahan praktikum. Sebagai peserta
didik yang mengerti tata cara penggunaan alat-
alat laboratorium, Sony menggunakan gelas arloji
sebagai alas bahan kimia tersebut. Benarkah
tindakan yang dilakukan Sony tersebut? Jelaskan!

Jawaban yang benar adalah hal yang dilakukan Sony merupakan tindakan yang tepat.

Gelas arloji atau kaca arloji adalah peralatan laboratorium yang terbuat dari kaca. Kaca arloji berbentuk bulat dengan cekungan ke bawah. Kaca arloji berfungsi sebagai tempat untuk menimbang bahan kimia berbentuk serbuk, pasta, dan padatan. Selain itu juga dapat digunakan untuk penutup gelas kimia ketika proses pemanasan sampel atau penguapan, sebagai tempat mengeringkan padatan dalam desikator, serta sebagai tempat benda yang tengah berada dalam proses pengamatan.

Dengan demikian, hal yang dilakukan Sony pada saat menimbang bahan kimia berbentuk serbuk dengan menggunakan kaca arloji atau gelas arloji adalah tindakan yang tepat.

Baca Juga :  Tiga buah pegas identic dengan konstanta k disusun parallel kemudian pada salah satu ujungnya diberi beban 6 kg sehingga mengalami pertambahan panjang sebesar 20 cm. bila ketiga pegas tersebut diserikan dan pada salah satu ujungnya di beri beban 0,2 kg, pertambahan panjang yang dialami pegas besarnya …. m.