Apa yg dimaksud dgn siklus nitrogen,siklus karbon,dan siklus oksigen

apa yg dimaksud dgn siklus nitrogen,siklus karbon,dan siklus oksigen

Jawaban diuraikan pada pembahasan di bawah ini.

Siklus biogeokimia merupakan siklus unsur atau senyawa kimia yang berasal dari komponen abiotik menuju ke komponen biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. Medium penyaluran terdiri dari organisme yang dibantu oleh reaksi-reaksi kimia dalam lingkungan abiotik.

Jenis-jenis siklus biogeokimia antara lain sebagai berikut:
1. Siklus Nitrogen
Siklus nitrogen merupakan pergerakan nitrogen dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer yang terjadi secara terus menerus membentuk sirkulasi. Di alam, nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa organik seperti urea, protein dan asam nukleat atau sebagai senyawa anorganik seperti ammonia, nitrit, dan nitrat.

2. Siklus Karbon
Siklus karbon merupakan siklus yang diawali oleh pemanfaatan CO2 oleh tumbuhan dan dijadikan senyawa organik yaitu glukosa melalui proses fotosintesis. Selanjutnya, glukosa disusun menjadi amilum dan diubah menjadi senyawa gula yang lain, lemak, protein, dan vitamin. Pada proses pernapasan tumbuhan dan hewan dihasilkan kembali CO2.

3. Siklus Oksigen
Siklus oksigen adalah siklus dasar bagi sebagian besar ekosistem yang melibatkan keseimbangan antara organisme yang melepaskan oksigen dan organisme yang menyerap oksigen. Siklus oksigen berkaitan erat dengan siklus karbon, yaitu kaitan antara siklus karbon yang akan menghasilkan oksigen (fotosintesis), serta siklus oksigen yang akan menghasilkan karbon dioksida (pernapasan).

Jadi, jawaban telah diuraikan pada pembahasan di atas.

Baca Juga :  Menurut UU no.20 tahun 1999 pasal 2 ayat 2 angkatan kerja adalah penduduk yang usia kerja…