…. siapa yang menanam akan menuai. siapa yang berbuat baik akan dibalas dengan perbuatan baik. begitu juga sebaliknya. orang yang menanam keburukan akan menuai hasil keburukannya sendiri. Penggalan fabel diatas merupakan struktur fabel pada bagian apa dan tuliskan alasan yang mendukung jawabanmu!

…. siapa yang menanam akan menuai. siapa yang berbuat baik akan dibalas dengan perbuatan baik. begitu juga sebaliknya. orang yang menanam keburukan akan menuai hasil keburukannya sendiri.

Penggalan fabel diatas merupakan struktur fabel pada bagian apa dan tuliskan alasan yang mendukung jawabanmu!

Penggalan fabel diatas merupakan struktur fabel pada bagian koda.

Simak penjelasan berikut.

Fabel adalah cerita tentang kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel termasuk jenis cerita fiksi, bukan tentang kehidupan nyata. Cerita fabel sering disebut cerita moral karena pesan yang ada dalam cerita fabel berkaitan erat dengan moral.

1. Orientasi
Bagian permulaan pada sebuah cerita yang berisikan pengenalan cerita seperti, pengenalan tokoh, pengenalan latar tempat dan waktu, pengenalan latar belakang atau tema, dan lain sebagainya.
2. Komplikasi
Klimaks pada sebuah cerita mengenai puncak masalah yang dialami dan dirasakan oleh tokoh.
3. Resolusi
Pemecahan permasalahan yang dilakukan oleh tokoh.
4. Koda
Pesan-pesan atau amanat yang terdapat di dalam cerita.

Penggalan fabel diatas merupakan struktur fabel pada bagian koda, karena berisi amanat yang terdapat di dalam cerita yaitu, siapa yang berbuat baik akan dibalas dengan perbuatan baik. Berdasarkan kutipan, “…. siapa yang menanam akan menuai. siapa yang berbuat baik akan dibalas dengan perbuatan baik. begitu juga sebaliknya. orang yang menanam keburukan akan menuai hasil keburukannya sendiri.”

Dengan demikian, penggalan fabel diatas merupakan struktur fabel pada bagian koda.

Semoga membantu, ya.

Daftar isi