Breaking News

Perhatikan wacana berikut! Raeni anak seorang tukang becak yang berhasil memperoleh beasiswa Bidikmisi untuk melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Setelah lulus menjadi sarjana, Raeni kembali memperoleh tawaran melanjutkan pendidikan S2 di University of Birmingham, Inggris. Setelah lulus, Raeni berhasil mewujudkan mimpinya menjadi dosen Pendidikan Ekonomi di UNNES. Selain menjadi dosen, saat ini Raeni kembali mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan doktoral di Birmingham. Berdasarkan wacana tersebut, dampak mobilitas sosial bagi Raeni adalah

Perhatikan wacana berikut!
Raeni anak seorang tukang becak yang berhasil memperoleh beasiswa Bidikmisi untuk melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Setelah lulus menjadi sarjana, Raeni kembali memperoleh tawaran melanjutkan pendidikan S2 di University of Birmingham, Inggris. Setelah lulus, Raeni berhasil mewujudkan mimpinya menjadi dosen Pendidikan Ekonomi di UNNES. Selain menjadi dosen, saat ini Raeni kembali mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan doktoral di Birmingham.
Berdasarkan wacana tersebut, dampak mobilitas sosial bagi Raeni adalah
a. mendorong terwujudnya integrasi
b. meningkatkan kesejahteraan hidup
c. meningkatkan kemandirian individu
d. menciptakan hubungan sosial asosiatif
e. meningkatkan prestasi di bidang akademik

Jawaban yang benar adalah B. Meningkatkan kesejahteraan hidup.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut!

Mobilitas sosial merupakan gerak sosial individu atau kelompok dalam struktur sosial baik secara vertikal maupun horizontal. Adanya perubahan struktur sosial ini akan menimbulkan dampak, yaitu:
1. Meningkatkan integrasi sosial.
Mobilitas sosial mendorong berubahnya keadaan seseorang dan penyesuaian perubahan pada masyarakat.
2. Mempercepat tingkat perubahan sosial.
Kondisi kehidupan seseorang dengan latar belakang pendidikan yang tinggi akan mempengaruhi pola pikir, gaya hidup, dan pekerjaannya.
3. Mendorong seseorang untuk lebih maju
Ketika melihat seseorang mengalami kenaikan status maka dapat mendorong anggota masyarakat yang lain untuk meningkatkan kemampuannya.
4. Meningkatkan kesejahteraan hidup.
Kenaikan status akan mempengaruhi kenaikan pendapatan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
e. Meningkatkan kualitas hidup
Ketika seseorang memiliki kesejahteraan hidup maka ia akan berusaha meningkatkan kualitas hidupnya.

Jadi mobilitas sosial yang dilakukan Raeni yang berasal dari keluarga sederhana, namun karena prestasinya ia mendapatkan beasiswa di luar negeri kemudian setelah lulus menjadi dosen memberikan dampak positif bagi Raeni yaitu meningkatkan kesejahteraan hidup.

Baca Juga :  Evaluasi adalah proses memperoleh dan menyajikan informasi yang berguna untuk mempertimbangkan alternatif-alternatife pengambilan keputusan, merupakan pengertian evaluasi menurut... A Philip Kotler B. Casey Keller C. Craven D. Hermawan Kartajaya E Stufflebeam