Sebagai warga Desa Sungai Kecil Rinto kerap terlihat tidak mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor di sekitar rumahnya. Pasalnya ia beranggapan bahwa ia tidak sedang menempuh perjalanan jauh sehingga menggunakan helm dirasa tidak diperlukan. Tanpa disadari perilaku yang dilakukan Rinto termasuk perilaku menyimpang. Ilustrasi diatas sesuai dengan sifat perilaku menyimpang yaitu … Jelaskan …

3. Sebagai warga Desa Sungai Kecil Rinto kerap terlihat tidak mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor di sekitar rumahnya. Pasalnya ia beranggapan bahwa ia tidak sedang menempuh perjalanan jauh sehingga menggunakan helm dirasa tidak diperlukan. Tanpa disadari perilaku yang dilakukan Rinto termasuk perilaku menyimpang.

Ilustrasi diatas sesuai dengan sifat perilaku menyimpang yaitu … Jelaskan …

Jawabannya adalah perilaku menyimpang bersifat negatif.

Yuk, kita simak penjelasannya.

Perilaku menyimpang merupakan suatu tindakan yang menyimpang dari norma dan nilai yang ada di masyarakat atau dapat dikatakan tidak sesuai dengan aturan, nilai, dan norma yang ada di masyarakat. Berdasarkan sifatnya, bentuk perilaku menyimpang terbagi menjadi 2 yaitu positif dan negatif. Perilaku menyimpang positif adalah penyimpangan yang memiliki dampak positif terhadap sistem sosial, karena mngandung unsur-unsur inovatif, kreatif, dan menambah wawasan. Misalnya yaitu emansipasi wanita.
Penyimpangan negatif adalah tindakan menyimpang yang menganggap rendah nilai-nilai sosial dan mengakibatkan hal buruk dan merugikan orang lain.
Berdasarkan ilustrasi pada soal, Rinto melakukan tindakan menyimpang negatif karena menganggap rendah norma yang ada, di mana ia tidak memedulikan aturan dan keselamatan yang berlaku dalam berkendara.

Baca Juga :  Landasan koperasi indonesia adalah ...