Perhatikan gambar reaksi 2 gram CaCO3 dengan HCI berikut ini! Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh luas permukaan adalah ….

Perhatikan gambar reaksi 2 gram CaCO3 dengan HCI berikut ini!
Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh luas permukaan adalah ….
a. 1 terhadap 2
b. 1 terhadap 3
c. 2 terhadap 3
d. 2 terhadap 4
e. 4 terhadap 5

Perhatikan gambar reaksi 2 gram CaCO3 dengan HCI berikut ini! Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh luas permukaan adalah ....

Jawaban yang benar adalah A.

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yaitu:
– Konsentrasi
Semakin tinggi konsentrasi, maka semakin banyak molekul dalam tiap satuan sehingga tumbukan antar molekul intensitasnya makin sering terjadi dan reaksinya berlangsung semakin cepat.
– Luas permukaan
Semakin besar luas permukaan partikelnya, maka frekuensi tumbukan semakin tinggi sehingga reaksinya berlangsung semakin cepat. Padatan yang bentuknya serbuk halus memiliki luas permukaan bidang sentuh yang lebih besar dibandingkan dengan padatan yang berbentuk lempeng atau butiran.
– Suhu
Semakin tinggi suhu yang digunakan akan menyebabkan energi kinetik (energi gerak partikel) molekul pereaksi semakin besar sehingga kemungkinkan terjadinya tumbukan efektif semakin besar dan reaksi akan berjalan lebih cepat.
– Katalis
Adanya katalis dapat mempercepat reaksi dengan cara membentuk tahap – tahap reaksi yang memiliki energi aktivasi lebih rendah.

Pada soal di atas, laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh luas permukaan artinya faktor konsentrasinya sama yaitu ditunjukkan oleh gambar (1) terhadap (2).

Jadi, laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh luas permukaan adalah 1 terhadap 2.

Baca Juga :  Pada spermatogenesis, spermatosit sekunder memiliki sifat....