Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut! e. Logam aluminium dengan larutan asam sulfat menghasilkan aluminium sulfat dan gas hidrogen

Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut!
e. Logam aluminium dengan larutan asam sulfat menghasilkan aluminium sulfat dan gas hidrogen

persamaan reaksi logam aluminium dengan larutan asam sulfat menghasilkan aluminium sulfat dan gas hidrogen adalah:
2Al(s) + 3H2SO4(aq) → Al2(SO4)3(aq) + 3H2(g).

Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut yaa 🙂

Persamaan reaksi terdiri dari zat-zat pereaksi dan hasil reaksi, diantara keduanya dipisahkan dengan tanda panah. Pada soal tersebut, terdapat logam aluminium yang disimbolkan dengan Al(s) dan larutan asam sulfat yang memiliki rumus molekul H2SO4 dengan fase zat larutan (aq) sebagai zat pereaksi. Sedangkan hasil reaksinya adalah aluminium sulfat yang memiliki rumus molekul Al2(SO4)3 dengan fase larutan (aq) dan gas hidrogen dengan rumus molekul H2 dengan fase gas (g). Sehingga persamaan reaksinya dapat ditulis sebagai berikut.

Al(s) + H2SO4(aq) → Al2(SO4)3(aq) + H2(g)

Persamaan reaksi lengkap harus dalam keadaan setara, yaitu jumlah atom-atom sejenis pada bagian pereaksi harus sama banyak dengan jumlah atom-atom sejenis pada bagian hasil reaksi. Karena atom Al di bagian hasil reaksi ada 2, maka Al(s) diberi koefisien 2, jumlah atom S di bagian hasil reaksi ada 3, sehingga H2SO4 diberi koefisien 3, akibatnya jumlah atom H menjadi 6, maka H2 diberi koefisien 3.

Jadi persamaan reaksinya adalah sebagai berikut:
2Al(s) + 3H2SO4(aq) → Al2(SO4)3(aq) + 3H2(g).

Baca Juga :  Tolong bantu untuk fungsi excel UAS saya mohon bantuannya excel