Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut! h. Besi(III) oksida dengan asam sufat membentuk besi(III) sulfat dan air

Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut!
h. Besi(III) oksida dengan asam sufat membentuk besi(III) sulfat dan air

persamaan reaksi besi(III) oksida dengan asam sufat membentuk besi(III) sulfat dan air adalah:
Fe2O3(s) + 3H2SO4(aq) → Fe2(SO4)3(aq) + 3H2O(l).

Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut yaa 🙂

Persamaan reaksi terdiri dari zat-zat pereaksi dan hasil reaksi, diantara keduanya dipisahkan dengan tanda panah. Pada soal tersebut, terdapat besi(III) oksida yang memiliki rumus molekul Fe2O3 dan asam sufat yang memiliki rumus molekul H2SO4 sebagai pereaksi. Sedangkan hasil reaksinya adalah besi(III) sulfat dengan rumus molekul Fe2(SO4)3 dan air (H2O). Fase zat oksida logam biasanya adalah padatan (s), fase zat asam H2SO4 dan garam Na2SO4 biasanya larutan (aq) dan air berfasa liquid. Sehingga persamaan reaksinya dapat ditulis sebagai berikut.

Fe2O3(s) + H2SO4(aq) → Fe2(SO4)3(aq) + H2O(l)

Persamaan reaksi lengkap harus dalam keadaan setara, yaitu jumlah atom-atom sejenis pada bagian pereaksi harus sama banyak dengan jumlah atom-atom sejenis pada bagian hasil reaksi. Karena jumlah atom S di bagian hasil reaksi ada 3, maka diberi koefisien 3 pada H2SO4, akibatnya jumlah atom H menjadi 6, maka diberi koefisien 3 pada H2O.

Jadi persamaan reaksinya adalah sebagai berikut:
Fe2O3(s) + 3H2SO4(aq) → Fe2(SO4)3(aq) + 3H2O(l).

Baca Juga :  Tentukan jumlah proton, elektron, dan netron atom-atom berikut! j. 40 20 Ba^2+