Jelaskan apa kegunaan kolom serba-serbi dalam jurnal pembelian.

Jelaskan apa kegunaan kolom serba-serbi dalam jurnal pembelian.

Jawaban untuk soal di atas adalah mencatat pembelian selain barang dagang, misalnya pembelian perlengkapan, peralatan, kendaraan, atau aktiva tetap lainnya.

Berikut pembahasannya.
Jurnal khusus adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang sejenis dan sering terjadi. Jurnal khusus terdiri dari jurnal pembelian, jurnal pengeluaran kas, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, dan jurnal umum. Jurnal pembelian adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit, baik pembelian barang dagang maupun pembelian aktiva lainnya. Kolom jurnal pembelian terdiri dari tanggal, keterangan atau nama kreditur, pembelian (D), serba-serbi (D), dan utang dagang (K). Kolom pembelian digunakan untuk mencatat pembelian barang dagang. Kolom serba-serbi digunakan untuk mencatat pembelian selain barang dagang, misalnya pembelian perlengkapan, peralatan, kendaraan, atau aktiva tetap lainnya. Kolom utang dagang digunakan untuk mencatat utang perusahaan yang diakibatkan pembelian secara kredit.

Jadi, kolom serba-serbi dalam jurnal pembelian digunakan untuk mencatat pembelian selain barang dagang, misalnya pembelian perlengkapan, peralatan, kendaraan, atau aktiva tetap lainnya.

Baca Juga :  Perhatikan wacana berikut! Raeni anak seorang tukang becak yang berhasil memperoleh beasiswa Bidikmisi untuk melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Setelah lulus menjadi sarjana, Raeni kembali memperoleh tawaran melanjutkan pendidikan S2 di University of Birmingham, Inggris. Setelah lulus, Raeni berhasil mewujudkan mimpinya menjadi dosen Pendidikan Ekonomi di UNNES. Selain menjadi dosen, saat ini Raeni kembali mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan doktoral di Birmingham. Berdasarkan wacana tersebut, dampak mobilitas sosial bagi Raeni adalah