Orang akan sering mengeluarkan lebih banyak urine saat udara di sekeliling terlalu dingin. Hal ini disebut dengan adaptasi ….

Orang akan sering mengeluarkan lebih banyak urine saat udara di sekeliling terlalu dingin. Hal ini disebut dengan adaptasi ….
a. morfologi
b. perilaku
c. fisiologi
d. lingkungan

Jawaban yang benar adalah C.

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi organ tubuh bagian dalam pada makhluk hidup agar dapat bertahan hidup dengan lingkungannya. Contoh adaptasi fisiologi adalah orang akan sering mengeluarkan lebih banyak urine saat udara di sekeliling terlalu dingin.

Pada saat cuaca dingin, tubuh akan menyesuaikan suhu agar tetap normal. Saat berada pada suhu dingin, pembuluh darah di area kulit akan menyempit dan kelenjar keringat tidak mengeluarkan keringat. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di organ ekskresi lain yaitu ginjal berkontraksi dan meningkatkan tekanan yang dirasakan oleh ginjal. Ginjal kemudian melepaskan tekanan darah itu dengan menghilangkan cairan yang tidak perlu yang akhirnya menjadi urine.

Oleh karena itu, orang akan sering mengeluarkan lebih banyak urine saat udara di sekeliling terlalu dingin. Hal ini disebut dengan adaptasi fisiologi.

Baca Juga :  Usaha untuk mengulangi limbah plastik rumah tangga agar tidak menjadi polisi bagi tanah adalah