Kondisi ini rentan menyebabkan berbagai masalah pernapasan dan kesehatan tubuh secara umum (benar/salah)

Sistem Pernapasan pada manusia
Bernapas lewat hidung dianggap lebih sehat bukan tanpa alasan. Hidung merupakan organ utama penciuman manusia dan berperan sebagai pintu masuk udara ke dalam tubuh.
Oleh karena itu, organ ini merupakan benteng pertahanan pertama tubuh untuk menyaring benda asing dan luar masuk ke dalam tubuh, termasuk kuman, polusi, dan racun dari udara yang dihirup
Di dalam hidung, terdapat rambut-rambut halus yang bertugas membersihkan udara dan partikel asing. Setelah melalui proses penyarungan, udara akan bergerak melalui saluran hidung dan berubah menjadi lebih hangat dan lembap sebelum sampai ke paru-paru.
Bernapas dengan mulut cara ini hanya dianjurkan jika hidung tersumbat, atau mau tidak mau dilakukan setelah melakukan olahraga berat agar udara masuk lebih banyak. Bernapas lewat mulut memang membantu paru-paru meraup lebih banyak oksigen dengan lebih cepat ketimbang lewat hidung. Dengan begitu, udara hisa langsung disalurkan ke otot-otot tubuh.
1. Udara yang masuk ke dalam mulut langsung mengalir ke saluran napas begitu saja tanpa disaring dan dilembapkan. Kondisi ini rentan menyebabkan berbagai masalah pernapasan dan kesehatan tubuh secara umum (benar/salah)

Jawabannya adalah benar. Kondisi tersebut rentan menyebabkan berbagai masalah pernapasan dan kesehatan tubuh secara umum.

Yuk, kita bahas!

Ketika bernapas, baiknya dilakukan lewat hidung dibandingkan mulut karena beberapa alasan, yaitu:

1. pada hidung memiliki rambut-rambut yang berfungsi dalam menyaring udara sehingga membersihkan udara yang akan masuk nantinya.
2. Pada hidung terdapat pembuluh darah yang dapat menyamakan suhu udara dengan suhu tubuh sehingga mempermudah proses pernapasan.
3. Pada hidung terdapat lendir yang berfungsi mengendapkan kotoran sehingga menjaga udara yang dihirup tetap bersih.

Baca Juga :  Planet mars merupakan planet yang dianggap mirip dengan bumi. Jika memang planet mars memiliki kehidupan maka setidaknya harus memiliki beberapa syarat kehidupan seperti ...

Jika udara masuk ke dalam mulut langsung mengalir ke saluran napas begitu saja tanpa disaring dan dilembapkan, maka kondisi ini rentan menyebabkan berbagai masalah pernapasan dan kesehatan tubuh secara umum akibat infeksi bakteri, virus, jamur, maupun parasit.

Dengan demikian, jawabannya adalah benar.