Apabila ada bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh, organ yang paling bertanggung jawab untuk menawarkan bahan beracun tersebut adalah….

Apabila ada bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh, organ yang paling bertanggung jawab untuk menawarkan bahan beracun tersebut adalah….
A. Hati
B. Paru-paru
C. Ginjal
D. Jantung
E. Kulit

Jawaban yang benar adalah A. hati.

Sistem ekskresi adalah sistem yang digunakan untuk mengeluarkan zat atau senyawa yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh seperti zat sisa dan limbah metabolisme. Pada sistem ekskresi terdapat beberapa organ yang berperan seperti kulit, paru-paru, ginjal, dan hati.

Organ ekskresi yang paling bertanggung jawab dalam menawarkan bahan beracun yang masuk kedalam tubuh adalah hati. Hati dapat menawarkan racun karena mengandung sel khusus yang mampu memakan zat racun. Zat racun tersebut akan di detoksifikasi oleh sel kupffer.

Sel kupffer melakukan detoksifikasi racun dengan mengeluarkan sitokin dan mediator inflamasi lainnya untuk menghilangkan patogen. Mereka memainkan peran penting dalam respons akut dan kronis terhadap agen infeksi, senyawa toksik, dan xenobiotik.

Dengan demikian, organ yang bertanggung jawab dalam menawarkan racun dalam tubuh adalah hati.

Baca Juga :  2.car 4 3. I plant of vegetables with my family. 4. Agnes favorite vegetables are... and tomato 5. The vegetables make me healthy Carrot 6. My hobby is gardening 7. I like to eat... from my garden. Veatables 8. My father has a .Small garden. 9. The vegetables in my garden are 10. My garden at... my house.be hind