Breaking News

Mengapa pertahanan tubuh alami saja kadang kadang tidak dapat mencegah masuknya patogen ke dalam tubuh?

Mengapa pertahanan tubuh alami saja kadang kadang tidak dapat mencegah masuknya patogen ke dalam tubuh?

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah karena kekebalan alami hanya bersifat nonspesifik (tidak bersifat khusus terhadap antigen tertentu). Selain itu sistem kekebalan tubuh alami tidak memiliki kemampuan mengingat antigen yang pernah masuk ke dalam tubuh.

Simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini :

Sistem pertahanan tubuh merupakan suatu sistem yang bekerjasama dan berfungsi memerangi pengaruh faktor yang berasal dari lingkungan atau dari dalam tubuh sendiri. Pengaruh dari luar berupa virus, bakteri, paparan zat kimia, jamur, cacing dan parasit lainnya.

Sistem pertahanan tubuh terbagi menjadi sistem pertahanan tubuh alami dan sistem pertahanan tubuh buatan. Berikut penjelasannya:
1. Sistem pertahanan alami merupakan sistem pertahanan tubuh yang dimiliki sejak lahir. Pertahanan ini bersifat nonspesifik yaitu tidak bersifat khusus terhadap zat asing tertentu.
2. Sistem pertahanan buatan, merupakan sistem pertahanan tubuh yang bersifat spesifik terhadap zat asing tertentu.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa alasan pertahanan tubuh alami saja terkadang tidak dapat mencegah masuknya patogen ke dalam tubuh adalah karena kekebalan alami hanya bersifat nonspesifik (tidak bersifat khusus terhadap antigen tertentu). Selain itu sistem kekebalan tubuh alami tidak memiliki kemampuan mengingat antigen yang pernah masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga :  My brother will have worked when Reni ... the next harbor . (reach)