Breaking News

Umumnya orang yang tinggal di tengah dataran atau gunung suka berlibur ke pesisir pantai bahkan ke lautan. Nelayan yang tinggal di pinggiran pantai bahkan di tengah lautan, tentu memiliki cerita kehidupan yang berarti. Mari mengenal kehidupan manusia yang hidup di tengah laut dan pinggiran pantai. Siapa sajakah mereka? Aktivitas apa sajakaah yang dapat mereka lakukman untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah laut? Gagasan pokok dari bacaan di atas adalah

Umumnya orang yang tinggal di tengah dataran atau gunung suka berlibur ke pesisir pantai bahkan
ke lautan. Nelayan yang tinggal di pinggiran pantai bahkan di tengah lautan, tentu memiliki cerita kehidupan yang berarti. Mari mengenal kehidupan manusia yang hidup di tengah laut dan pinggiran pantai. Siapa sajakah mereka? Aktivitas apa sajakaah yang dapat mereka lakukman untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah laut?

Gagasan pokok dari bacaan di atas adalah

Gagasan pokok dari bacaan di atas adalah “Cerita kehidupan nelayan di pinggir pantai dan di tengah laut.”

Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya.

Gagasan pokok adalah kalimat yang mengandung inti yang terdapat pada paragraf.

Letak gagasan pokok terdapat di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir.
1. Gagasan pokok yang terletak di awal paragraf disebut dengan paragraf deduktif. Paragraf ini mempunyai pengulangan kata atau terdapat kata tunjuk, seperti ini, itu atau tersebut pada kalimat penjelasannya.
2. Gagasan pokok yang terletak di akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif. Paragraf ini mempunyai kata kunci, seperti dengan demikian, jadi, oleh karena itu, atau kesimpulannya. Namun, tidak jarang penulis membuat gagasan pokok secara tersirat pada paragraf.
3. Gagasan pokok yang terletak di awal dan di akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf ini mempunyai ciri seperti paragraf deduktif dan induktif.

Berikut adalah langkah-langkah menentukan gagasan pokok.
1. Bacalah dan amati setiap kalimat di dalam paragraf.
2. Tentukan topik atau ide yang mendominasi paragraf tersebut.
3. Tentukan satu kalimat yang paling umum dan tepat untuk menjadi kalimat utama.
4. Tentukan gagasan pokok dalam kalimat tersebut.

Baca Juga :  Diketahui subuh Volume kubus 729 cm berapakah panjang rusuk kubus tersebut?

Topik pada teks tersebut membahas mengenai kehidupan nelayan. Kalimat yang paling umum yang membahas mengenai topik tersebut terdapat pada kalimat kedua, “Nelayan yang tinggal di pinggiran pantai bahkan di tengah lautan, tentu memiliki cerita kehidupan yang berarti.” Dari kalimat tersebut, kita dapat mengambil gagasan pokoknya, yaitu “Cerita kehidupan nelayan di pinggir pantai dan di tengah laut.”

Dengan demikian, gagasan pokok dari bacaan di atas adalah “Cerita kehidupan nelayan di pinggir pantai dan di tengah laut.”

Semoga membantu ya 🙂