Terusan suez yang diresmikan pada tahun 1869, dibangun atas prakarsa ferdinand vicomte de lesseps. terusan tersebut menghubungkan pelabuhan said di laut tengah dengan suez di laut merah. keberadaan terusan suez sangat penting bagi mesir, alasannya adalah ….

terusan suez yang diresmikan pada tahun 1869, dibangun atas prakarsa ferdinand vicomte de lesseps. terusan tersebut menghubungkan pelabuhan said di laut tengah dengan suez di laut merah. keberadaan terusan suez sangat penting bagi mesir, alasannya adalah ….
a. perjalanan laut harus melalui asia untuk sampai ke eropa dan australia
b. harus mengelilingi afrika dengan melewati pantai barat afrika dan lautan di selatan afrika
c. harus mengelilingi pantai barat afrika dengan melewati afrika dan lautan di selatan afrika
d. memperpendek jarak dari eropa ke negara-negara asia dan australia

Jawaban: D

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Terusan Suez merupakan alam buatan yang dibangun pada 1859-1869 atas prakarsa insinyur Prancis bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps. Terusan Suez merupakan jalan terbuka dengan 8 tikungan utama yang membentang dari utara-selatan yang menghubungkan laut tengah dan laut Merah. Keberadaanya penting bagi Mesir karena Terusan Suez menjadi satu-satunya jalur yang memperpendek jarak dari Eropa ke negara-negara Asia dan Australia sehingga berdampak hal ini akan berdampak kepada perkembangan perdagangan di Mesir.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi D. memperpendek jarak dari eropa ke negara-negara Asia dan Australia

Baca Juga :  Sebuah persegi panjang mempunyai ukuran panjang (2x+7) cm dan lebar (3x−5) cm. Jika keliling persegi panjang tersebut tidak lebih dari 74 cm dan ukuran panjang lebih dari 15 cm, batasan nilai x adalah....