Apa yang dimaksud dengan kjoekenmoddinger?

apa yang dimaksud dengan kjoekenmoddinger?

Jawabannya adalah timbunan sisa kerang dan sisa makanan laut lainnya yang dikonsumsi manusia purba dan menumpuk selama ribuan tahun membentuk semacam bukit di pesisir pantai.

Berikut ini penjelasannya.

Kjokkenmoddinger atau midden, adalah timbunan sisa kerang dan sisa makanan laut lainnya yang dikonsumsi manusia purba dan menumpuk selama ribuan tahun membentuk semacam bukit di pesisir pantai.

Keberadaan kjokkenmoddinger membuktikan bahwa manusia purba zaman mesolitikum telah bertempat tinggal di tepi pantai. Sampah dapur ini menjadi corak kebudayaan yang istimewa dari zaman mesolitikum. Manusia yang tinggal di tepi pantai ini mengandalkan hasil laut sebagai sumber kehidupan, terutama kerang dan siput.

Penemuan kjokkenmoddinger menunjukkan bahwa manusia purba yang hidup di zaman ini memiliki kecenderungan tinggal di pinggir pantai. Oleh karena itu, kerang dan siput menjadi sumber daya yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

Jadi, kjokkenmoddinger adalah timbunan sisa kerang dan sisa makanan laut lainnya yang dikonsumsi manusia purba dan menumpuk selama ribuan tahun membentuk semacam bukit di pesisir pantai.

Baca Juga :  Anomali dan perubahan iklim mulai dirasakan manusia di berbagai tempat sehingga mengakibatkan kekeringan panjang banjir angin ribut dan lain-lain. Perubahan iklim merupakan dampak dari pemanasan global akibat terjadinya efek rumah kaca. Polutan yang menyebabkan efek rumah kaca adalah ....