Penderita presbiopi dapat ditolong dengan kacamata berlensa ….

Penderita presbiopi dapat ditolong dengan kacamata berlensa ….

Penderita mata tua dibantu menggunakan kacamata berlensa rangkap (bifokal) yang terdiri dari lensa cekung dan lensa cembung.

Mata tua (Presbiopi) adalah kelainan yang sering terjadi pada orang usia lanjut di mana daya akomodasi mata berkurang. Oleh karena itu mereka tidak dapat melihat benda-benda yang letaknya jauh maupun dekat dengan jelas. Titik dekat mata presbiopi lebih dari 25 cm dan titik jauhnya kurang dari tak hingga. Mata tua dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Kacamata rangkap disusun dari lensa cekung di bagian atas dan lensa cembung di bagian bawah. Kacamata rangkap ini disebut juga kacamata bifokal, di mana kekuatan lensa kiri dan kanan sama.
Presbiopi atau rabun tua atau disebut juga dengan rabun dekat dan rabun jauh merupakan gangguan mata yang biasanya dialami oleh orang-orang yang sudah tua. Pada penderita presbiopi, kedua matanya tidak akan bisa melihat jarak jauh dan juga dekat. Presbiopi ini menyebabkan penderita tidak mampu melihat objek yang berada di jarak dekat maupun jarak jauh. Hal ini terjadi karena berkurangnya daya akomodasi mata pada penderita. Daya akomodasi mata adalah kemampuan yang dimiliki oleh otot mata agar mampu menebalkan ataupun memipihkan lensa mata atau dengan kata lain kemampuan lensa mata dalam mengubah jarak fokusnya.

Presbiopi dapat dibantu dengan menggunakan kacamata rangkap. Kacamata rangkap atau bifokal adalah kacamata yang tersusun atas lensa cembung dan juga cekung. Lensa cembung atau lensa plus (+) adalah lensa yang bagian tengahnya akan lebih tebal atau mengembung jika dibandingkan dengan bagian pinggirnya. Sedangkan lensa cekung atau lensa minus (-) adalah lensa yang bagian tengahnya akan lebih tipis dibandingkan dengan bagian pinggirnya. Kacamata rangkap ini, lensa negatif akan berkerja sama seperti pada kacamata penderita miopi. Lensa positifnya akan berkerja sama seperti pada kacamata penderita hipermetropi.

Baca Juga :  Andi disuruh ibunya membeli gula 0,5 kg di wrung. Sepulangnya dari warung andi melihat sebuah toko baru yg menawarkan semua produknya dengan diskon 25persen. Lalu sesampainya dirumah, Andi mngjk ibunya untuk berbelanja ditko itu. Tanpa andi sadari dia menemukan 2 bntuk pchan dlam perjalanannya membeli gula.2 bentuk pechan yang di mksd adalah...

Jadi Penderita mata tua dibantu menggunakan kacamata berlensa rangkap (bifokal).

Semoga pembahasannya membantu 🙂