1.Carilah Sebuah teks eksposisi yg dimuat di koran atau majalah 2.berdasar kan teks eksposisi yang telah kamu temukan kerjakan soal soal berikut

1.Carilah Sebuah teks eksposisi yg dimuat di koran atau majalah 2.berdasar kan teks eksposisi yang telah kamu temukan kerjakan soal soal berikut

a.identifikasi informasi yang terkandung di dalam teks
b.apakah teks tersebut mempunyai ciri-ciri teks eksposisi? jelaskan alasan mu
c.tentukan unsur-unsur teks eksposisi tersebut dengan menunjukkan bagian tesis (pembukaan), argumen (isi), dan kesimpulan​

Judul

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis

Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

Argumentasi

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

Penegasan ulang

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

 

Pembahasan:

Teks eksposisi merupakan teks yang mengandung sejumlah pengetahuan dan informasi secara singkat, padat, akurat, dan mudah untuk dipahami. Dalam teks eksposisi, sebuah isu diuraikan melalui rangkaian argumen dari penulis.

Baca Juga :  Jika kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki ciri-ciri yaitu termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Organisme tersebut diklasifikasikan kedalam kingdom.... *

 

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com