Jelaskan cara kerja mesin fotocopy berdasarkan listrik statis

Jelaskan cara kerja mesin fotocopy berdasarkan listrik statis

Prinsip dan  Cara Kerja Mesin Fotocopy

Prinsip dasar dari seluruh mesin fotocopy merupakan xerografi. Mesin fotocopy memakai cahaya, drum dan  toner untuk melakukan penyalinan ketiga komponen  ini merupakan komponen utama di seluruh mesin  fotocopy. Untuk melakukan penyalinan kertas yang ditaruh di kaca mesin akan disinari, sinar ini akan ditangkap serta dipantulkan sang lensa ke arah drum. Drum memiliki muatan negatif sehingga serbuk toner yang berbahan dasar serbuk besi halus akan melekat pada toner. Drum yang terkena sinar pantulan sang lensa akan kehilangan muatan negatif sebagai akibatnya serbuk toner tidak akan menempel, sedangkan buat bagian yang tidak terkena sinar (terbayang) seperti goresan pena atau gambar akan permanen mempunyai muatan negatif.

Pada tahapannya

  • Meletakan kertas master di mesin fotocopy dengan menghadap ke bawah.
  • Cahaya reflektor akan melakukan scanning dari lembar master.
  • Toner akan secara otomatis menumpahkan tinta ke drum, sesuai dengan hasil scanning.
  • Drum yang tertuang akan berputar dan mencetak hasil scanning diatas permukaan kertas yang sudah disiapkan pada mesin fotocopy.

Pembahasan:

PRINSIP DASAR serta CARA KERJA MESIN FOTOCOPY

Mengetahui prinsip kerja serta cara kerja mesin fotocopy merupakan hal penting yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha fotocopy, sehingga mengetahui bagian-bagian krusial dalam mesin fotocopy yang wajib  ditangani menggunakan hati-hati.

Pengertian mesin fotocopy

Mesin fotocopy merupakan mesin yang dipergunakan untuk menghasilkan salinan dokumen asli ke dalam bentuk dokumen lainnya seperti kertas, mesin fotocopy pada umumnya hanya dipergunakan untuk melakukan aktivitas salin menyalin saja. walau begitu ketika ini fitur di mesin fotocopy telah banyak seperti menyimpan dokumen, faximile, scan, send to email, folder, dll

Baca Juga :  Dari jakarta edo naik kereta api selama 6 jam 45 menit sedangkan beni naik bus selama 11 jam, berapa selisih lama perjalanan edo dan beni?

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com