Cerita anekdot tersebut adalah bagian ….

Digunakannya bohlam secara luas oleh masyarakat, jelas membawa dampak negatif bagi industri lilin. Pasar lilin mulai berangsur-angsur menyempit karena lilin telah tergantikan oleh bohlam. Tidak hanya pabrik lilinnya yang mulai meredup, semangat Procter dan Gamble untuk menekuni bisnis tersebut juga meredup. Situasi ini makin bertambah ketika beberapa bulan kemudian, terjadi kecelakaan tak terduga yang disebabkan oleh kelalaian seorang karyawan pabrik. Karyawan tersebut pergi makan siang dan lupa mematikan mesin pembuat lilin. Karena mesin bekerja tanpa operator, udara pun masuk ke dalam adonan lilin. Adonan lilin pun menjadi rusak.
19. Cerita anekdot tersebut adalah bagian ….
a. abstrak
b. reaksi
c. krisis
d. koda
e. orientasi

Jawaban yang tepat adalah C.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Anekdot adalah cerita lucu, menjengkelkan, atau konyol yang berdasarkan kejadian sebenarnya.
Anekdot dibuat sebagai salah satu bentuk penyadaran sosial, yang menyampaikan realitas sosial dengan cara yang unik, seperti humor.

Teks anekdot memiliki struktur, di antaranya sebagai berikut.
1. Abstrak. Menggambarkan isi teks sehingga pembaca bisa memberikan ilustrasi terhadap isi cerita tersebut.
2. Orientasi, yakni awal dari kejadian sebuah cerita atau bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita itu bisa terjadi.
3. Krisis, yakni bagian yang menjelaskan pokok masalah utama di dalam sebuah cerita.
4. Reaksi, yakni bagian pelengkap berupa penyelesaian dari masalah.
5. Koda, yakni bagian penutup cerita dalam teks anekdot.

Berdasarkan soal, kutipan dialog tersebut menceritakan pokok masalah dalam cerita, yaitu lupa mematikan mesin pembuat lilin. Kutipannya adalah “Karyawan tersebut pergi makan siang dan lupa mematikan mesin pembuat lilin. Karena mesin bekerja tanpa operator, udara pun masuk ke dalam adonan lilin. Adonan lilin pun menjadi rusak.” Kalimat yang menjelaskan pokok masalah cerita disebut krisis.

Baca Juga :  5 contoh kesepakatan kelompok:2 bantu plisss cpt plisss​

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu ya:)