1. Carilah artikel dari berbagai sumber mengenai aktivitas manusia dalam

1. Carilah artikel dari berbagai sumber mengenai aktivitas manusia dalam

upaya pembangunan sosial budaya! Identifikasilah hal-hal berikut
berdasarkan bacaan yang kamu temukan!
a.Apa saja aktivitas yang dilakukan masyarakat dalam upaya
pembangunan sosial budaya?

b. Apa pengaruh aktivitas yang mereka lakukan terhadap pembangunan
sosial dan budaya di Indonesia?

2. Sebagai seorang siswa, apa yang dapat kamu lakukan untuk pembangunan
sosial budaya di Indonesia? Jelaskan!

Berikut merupakan proses Penyaluran dan  Pendistribusian energi Listrik:

Listrik dihasilkan oleh generator listrik di pada pembangkit listrik. Pembangkit listrik adalah tempat dihasilkannya tenaga listrik, yang dapat berupa PLTA (air), PLTU (tenaga uap), PLTGU, PLTM, PLTPB, PLTB, PLTN, PLTS. tenaga listrik yg telah dihasilkan akan dinaikkan tegangannya berasal 6.000 V menjadi 500.000 V oleh transformator. Tegangan itu akan disalurkan melalui saluran listrik udara (SUTET, Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) untuk diteruskan menuju aneka macam gardu induk. Tegangan akan diturunkan asal 500.000 V menjadi 150.000 V sebelum disalurkan melalui SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) menuju gardu induk distribusi. Tegangan 150.000 V umumnya digunakan di pabrik pada rangka menyalakan mesin berukuran besar .

Tegangan 150.000 V akan diturunkan memakai transformator step down menjadi 20.000 V. Tegangan tadi kemudian disalurkan melalui JTM (Jaringan Tegangan Menengah) buat didistribusikan menuju gardu-gardu induk distribusi. Tegangan 20.000 V digunakan buat menyalakan mesin-mesin pabrik menengah. sesudah itu, tegangan akan pulang diturunkan menjadi 220 V (baku) atau 380 V. Tegangan 220 V akan disalurkan ke tempat tinggal   serta perkantoran memakai JTR (Jaringan Tegangan Rendah).

Pembahasan:

Penyaluran listrik adalah proses yg dimulai sesudah pembangkitan listrik pada pembangkit listrik, buat lalu dipergunakan sang konsumen. Beberapa proses utama dalam penyaluran listrik merupakan:

  • Transmisi.
  • Distribusi.
  • Penjualan atau retailing.
Baca Juga :  Tulang punggung =

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com