Pada 2019 lalu, beberapa daerah di Yogyakarta mengalami peristiwa angin puting beliung. Peristiwa tersebut merupakan dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh….

Pada 2019 lalu, beberapa daerah di Yogyakarta mengalami peristiwa angin puting beliung. Peristiwa tersebut merupakan dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh….
a. perubahan iklim
b. gelombang panas
c. curah hujan yang rendah
d. kekeringan yang panjang

Jawaban untuk soal ini adalah a. perubahan iklim

Pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi. Pemanasan global dapat disebabkan karena meningkatnya gas rumah kaca di atmosfer yang memerangkap panas. Hal tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi makhluk hidup di bumi. Pemanasan global dicirikan dengan adanya pergantian musim yang tidak dapat diprediksi, sering terjadi angin puting beliung, banjir, dan kekeringan di wilayah yang tidak biasa mengalaminya.
Salah satu dampak pemanasan global adalah perubahan iklim yang ekstrem. Beberapa tempat yang cenderung hangat akan menjadi lembab, karena ada lebih banyak air yang menguap di lautan. Hal itu disebabkan oleh uap air yang merupakan gas pada rumah kaca, sehingga keberadaannya akan menyebabkan meningkatnya efek insulasi pada atmosfer. Uap air yang banyak juga akan membentuk awan yang lebih banyak. Kemudian akan menimbulkan pantulan cahaya matahari kembali ke luar angkasa yang menyebabkan menurunnya proses pemanasan. Kelembaban yang sangat tinggi akan meningkatkan curah hujan, badai yang semakin kering, dan air akan lebih cepat menguap dari dalam tanah. Perubahan temperatur bumi yang ekstrem ini memicu adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan sehingga menimbulkan adanya angin yang berhembus sangat cepat dan kuat atau puting beliung.

Jadi jawaban yang paling tepat adalah A. Perubahan iklim

Baca Juga :  Apa yang perlu diperhatikan pada saat pra produksi dalam pembuatan video story telling sebuah produk?