Jika pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai, sungai akan tercemar. Nelayan air payau akan kehilangan mata pencarian jika terjadi pencemaran sungai. Berdasarkan kalimat di atas, simpulan yang paling tepat adalah…

Jika pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai, sungai akan tercemar. Nelayan air payau akan kehilangan mata pencarian jika terjadi pencemaran sungai. Berdasarkan kalimat di atas, simpulan yang paling tepat adalah…
(A) Jika nelayan air payau kehilangan mata pencarian, pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai.
(B) Jika pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai, mata pencarian nelayan air payau tidak akan hilang.
(C) Jika nelayan air payau tidak kehilangan mata pencarian, pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai.
(D) Jika pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai, mata pencarian nelayan air payau akan hilang.
(E) Jika nelayan air payau kehilangan mata pencarian, pabrik-pabrik di kawasan industri tidak akan membuang limbah ke sungai.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah D.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Penalaran didefinisikan sebagai proses mental yang bergerak dari apa yang kita ketahui kepada apa yang tidak kita ketahui sebelumnya berdasarkan bukti-bukti dan fakta-fakta untuk menghasilkan sebuah kesimpulan.

Tes penalaran logis adalah tes penalaran yang menguji kemampuan seseorang dalam menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan (premis) menggunakan prinsip logika.

Salah satu cara penarikan kesimpulan adalah silogisme, yakni penarikan kesimpulan dari dua pernyataan implikasi.

Aturan silogisme adalah sebagai berikut.
Jika (a) => (b) benar dan (b) => (c) benar maka (a) => (c) benar, atau nyatakan dalam bentuk premis.
Premis 1: (a) => (b)
Premis 2: (b) => (c)
Kesimpulan: (a) => (c)

Analisis kesimpulan pada soal adalah:
Premis 1: Jika pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai (a), sungai akan tercemar (b).
Premis 2: Nelayan air payau akan kehilangan mata pencarian (c) jika terjadi pencemaran sungai (b).
Kesimpulan: Jika pabrik-pabrik di kawasan industri membuang limbah ke sungai (a), mata pencarian nelayan air payau akan hilang (c).

Baca Juga :  Hingga 1 Juni 2021, Covid-19 telah menginfeksi 1,8 juta orang di Indonesia dan menyebabkan kematian 50,7 ribu orang. Dengan lonjakan kasus yang cukup tinggi di sejumlah daerah sejak pertengahan Juni 2021, pemerintah memperkuat kebijakan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang satu di antaranya melalui pengurangan mobilitas dan interaksi masyarakat, khususnya di daerah-daerah dengan tingkat penularan yang tinggi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Semoga membantu ya 😊