Angkat segera tempe jika sudah tampak kecokelatan. Kalimat di atas menggunakan jenis kata keterangan ….

18. Angkat segera tempe jika sudah tampak kecokelatan.
Kalimat di atas menggunakan jenis kata keterangan ….
a. cara
b. alat
c. syarat
d. tujuan

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C.

Yuk, simak pembahasan berikut.

Adverbia atau kata keterangan merupakan kata keterangan yang menerangkan verba (kata kerja), nomina (kata benda), ataupun menerangkan adverbia itu sendiri.

Terdapat beberapa jenis adverbia, di antaranya:
1) Keterangan cara, menjelaskan cara yang ditempuh untuk mencapai suatu tujuan, seperti kata ‘dengan’ dan ‘dengan cara’. Contoh: Tutup botol dengan rapat.
2) Keterangan alat, menjelaskan alat yang digunakan dalam suatu kegiatan, seperti ‘dengan’. Contoh: Potong kayu dengan gergaji.
3) Keterangan syarat, menjelaskan syarat terjadinya suatu peristiwa, seperti ‘jika’. Contoh: Angkat adonan jika sudah kalis.
4) Keterangan tujuan, menjelaskan tujuan pada kalimat, seperti ‘untuk’, ‘supaya’, dan ‘agar’. Contoh: Beri pewarna agar kelihatan cantik.

Berdasarkan uraian tersebut, kalimat di atas menggunakan jenis kata keterangan syarat, yaitu pada kata ‘jika’. Selain itu, jika dianalisis kalimatnya, syarat untuk mengangkat tempe adalah ketika tempe sudah berwarna kecokelatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu.

Baca Juga :  Sebuah aula suatu gedung berbentuk balok dengan ukuran panjang 10 meter, lebar 8 meter dan tingginys 11 meter. Dinding bagian dalam sula akan dicat dengan biaya Rp. 90.000,00 per meter persegi. Jika bagian atas aula tidak dicat maka biaya yang dibutuhkan adalah...