I have checked the price of this jacket online. The price of this jacket in the shop is ______ than in the online shop

I have checked the price of this jacket online. The price of this jacket in the shop is ______ than in the online shop

a. as cheap.
b. cheap
c. the cheapest
d. cheaper

Jawaban yang benar adalah “d. cheaper”.

Dalam soal ini kamu diminta untuk memilih jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat dengan bentuk degree of comparison.

Degree of comparison adalah bentuk adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) yang menyatakan perbandingan. Bentuk degree of comparison pada soal adalah comparative degree karena membandingkan dua objek yaitu “the price of the jacket in the shop” dan “the price of the jacket in the online shop” dan juga terdapat kata “than”.

Comparative degree digunakan untuk membandingkan dua orang, hewan, benda maupun suatu kondisi atau keadaan. Ada dua macam comparative degree yaitu regular dan irregular.

Regular Comparative

Comparative adjective yang terdiri dari satu suku kata ditambahkan akhiran -er, sedangkan dua suku kata atau lebih diawali dengan kata more. Khusus untuk dua suku kata adjective dengan akhiran -y, akhiran tersebut dihilangkan lalu ditambahkan -ier. Ketika berada di dalam kalimat, degree of comparison ini biasanya diikuti kata than.

Comparative adverb adalah membandingkan dua hal. Dengan kata lain, comparative adverb menjelaskan bagaimana, kapan, seberapa sering, dan sejauh mana suatu tindakan dilakukan. Kata keterangan (adverb) yang berakhiran -y mendapat tambahan kata more di awal kata sedangkan yang tidak berakhiran -y mendapat tambahan -er.

Rumus regular comparative:
S + V + (adjective + er/more + adjective/more + adverb) + than + S

Irregular Comparative
Kata sifat untuk melakukan perbandingan ada juga yang berbentuk tidak beraturan yang tidak mendapatkan tambahan β€˜more’ atau β€˜-er’ dibelakangnya. Bentuknya jadi benar-benar berbeda dan tidak ada rumus untuk menjelaskannya. Kata-kata tersebut hanya dapat diketahui dan diingat dalam bentuk komparatifnya.

Baca Juga :  Hitung Keliling & luas PQRS.

Contoh:
– Good (baik) menjadi better (lebih baik)
– Bad (buruk) menjadi worse (lebih buruk)
– Little (sedikit) jadi less (lebih sedikit)
– Much (banyak) jadi more (lebih banyak)
– Far (jauh) jadi further (lebih jauh)

Soal:

“The price of this jacket in the shop is ______ than in the online shop.” (Harga jaket ini di toko ______ daripada di toko online.)

Bentuk comparative degree merupakan bentuk adjective/adverb dengan akhiran -er atau awalan “more”. Pada opsi jawaban, yang merupakan bentuk comparative adalah “cheaper” yang merupakan bentuk comparative dari adjective “cheap”.

Kalimatnya menjadi “The price of this jacket in the shop is cheaper than in the online shop.” (Harga jaket ini di toko lebih murah daripada di toko online.)

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah “d. cheaper”.