Gaya dan gerak perbedaan nya apa yah kak?

gaya dan gerak perbedaan nya apa yah kak?

Jawabannya yaitu kalau gaya merupakan dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak, sedangkan gerak adalah perpindahan tempat. Gaya dapat membuat benda bergerak, sedangkan benda bergerak belum tentu memiliki gaya. Gaya dapat mempengaruhi bentuk benda, sedangkan gerak tidak.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Gaya merupakan dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak. Gaya dapat menyebabkan suatu benda dengan massa berubah, baik itu gerakan, arah, dan kontraksi geometris. Gaya dapat membuat benda bergerak dan gaya dapat mempengaruhi bentuk benda. Gaya memiliki beberapa macam dalam kehidupan sehari-hari diantaranya gaya otot, gaya gesek, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya listrik. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya yaitu adanya gaya gravitasi bumi, dan dorongan atau tarikan. Contoh gaya yaitu menarik mobil-mobilan, dan menendang bola.

Sedangkan gerak adalah perpindahan tempat, perubahan percepatan suatu benda karena adanya gaya. Gerak memiliki 3 jenis yaitu gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkar. Sebuah benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan kedudukan dari titik acuan. Benda bergerak belum tentu memiliki gaya. Gerak tidak dapat mempengaruhi bentuk benda. Contoh gerak yaitu mobil yang berjalan dengan kecepatan tetap, dan kelereng yang menggelinding pada permukaan licin.

Jadi, perbedaan gaya dan gerak adalah gaya merupakan dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak, sedangkan gerak adalah perpindahan tempat. Gaya dapat membuat benda bergerak, sedangkan benda bergerak belum tentu memiliki gaya. Gaya dapat mempengaruhi bentuk benda, sedangkan gerak tidak.

Semoga membantu:)

Baca Juga :  Ada 4 orang 1orang tidur 2 orang makan 1orang belajar pecahan nya kira ² berapa ya ?