Kalimat 6 dan 7 dalam bacaan di atas mengandung hubungan ….

(1) Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. (2) Kerja sama dilakukan saat manusia berinteraksi dengan sesamanya. (3) Kebiasaan dan sikap mau bekerja sama dimulai sejak dini, mulai dalam kehidupan keluarga lalu meningkat dalam kelompok sosial yang lebih luas. (4) Kerja sama berawal dari kesamaan orientasi. (5) Dalam kerja sama, tugas-tugas yang dibebankan kepada tiap individu dapat berbeda satu sama lain.

(6) Salah satu bentuk kerja sama adalah gotong royong, yakni mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. (7) Gotong royong adalah sikap bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. (8) Gotong royong merupakan suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan dilakukan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing. (9) Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia yang didorong adanya kesadaran bahwa manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupannya. (10) Manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya.

Kalimat 6 dan 7 dalam bacaan di atas mengandung hubungan ….
(A) penjelasan
(B) penegasan
(C) pemerincian
(D) pembuktian
(E) perbandingan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah A.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.

Salah satu jenis konjungsi adalah konjungsi penerang. Konjungsi penerang adalah konjungsi yang berfungsi untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian di dalam kalimat. Kata yang digunakan dalam konjungsi penerang adalah ‘yakni’, ‘yaitu’, ‘merupakan’, ‘adalah’ dan ‘bahwa’.

“(6) Salah satu bentuk kerja sama adalah gotong royong, yakni mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. (7) Gotong royong adalah sikap bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil.”

Baca Juga :  Hasil penyulingan yang titik didihnya paling tinggi adalah

Kalimat (6) dan (7) dalam bacaan di atas mengandung hubungan penjelasan karena kalimat (7) menjelaskan mengenai gotong royong yang dibahas dalam kalimat (6). Selain itu, terdapat konjungsi penerang ‘adalah’ yang menjelaskan gotong royong pada kalimat tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Semoga membantu ya 😊