Dalam berkoperasi harus memiliki toleransi, sifat mau bekerja sama, dan sifat-sifat lainnya yang mengandung unsur kerja sama. ini merupakan asas ….

Dalam berkoperasi harus memiliki toleransi, sifat mau bekerja sama, dan sifat-sifat lainnya yang mengandung unsur kerja sama. ini merupakan asas ….

Jawaban yang benar adalah kekeluargaan dan gotong royong.

Pembahasan:

Asas utama dari koperasi adalah Asas Kekeluargaan dan Asas Gotong Royong. Asas ini merupakan prinsip mendasar yang menjadi tumpuan berpikir dari koperasi. Asas koperasi adalah sistem ide yang menjadi petunjuk dalam membangun dan mempertahankan koperasi.

Berikut adalah pengertian dua asas utama koperasi tersebut:
1. Asas Kekeluargaan adalah asas yang menghendaki semua anggota kopoerasi mempunyai rasa kebersamaan dan juga tolerasi yang tinggi layaknya dalam hubungan persaudaraan atau kekeluargaan. Dengan demikian di antaranya ada sikap rela berkorban demi untuk kepentingan bersama semua anggota ‘keluarga’
2. Asas Gotong Royong adalah asas yang menginginkan agar semua anggota koperasi tak menyimpan sikap egois atau pun individualis. Setiap anggota koperasi ini harus bersedia bekerja sama dan bahu-membahu mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan bersama.

Jadi, pernyataan pada soal merupakan asas kekeluargaan dan gotong royong.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  NM.melina adalah seorang pedagang valuta asing di padang. kurs valuta us$ terhadap rupiah di kantornya tercatat dabagai berikut us$1 = beli rp 8.950,00 jual rp 9.150,00jika tn. antoni ingin menukarkan uang sebesar us$ 1.350 dengan rupiah, maka ia akan memperoleh