Setelah terjadi pembuahan, zigot akan berkembang menjadi embrio melalui tahapan morula, blastula, dan gastrula. Peristiwa yang terjadi pada tahapan morula, yaitu…

Setelah terjadi pembuahan, zigot akan berkembang menjadi embrio melalui tahapan morula, blastula, dan gastrula. Peristiwa yang terjadi pada tahapan morula, yaitu…

O Terbentuk tropoblas
O Terbentuknya rongga blastosit
O Terbentuknya organ-organ embrio
O Zigot membelah dan menghasilkan sel-sel seperti buah arbei

Peristiwa yang terjadi pada tahapan morula, yaitu D. Zigot membelah dan menghasilkan sel-sel seperti buah arbei.

Fase perkembangan pada embrio memiliki beberapa tahapan dalam prosesnya. Dalam setiap tahapan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Fase perkembangan embrio adalah :
1. Fase morula
Pada fase morula, zigot yang masih terdiri dari satu sel mulai membelah. Pembelahan ini disebut pembelahan mitosis dan menghasilkan sel-sel baru yang disebut blastomer. Sel-sel ini secara alami padat dan mengandung hingga 16 sel. Kemudian 16 sel blastomer berkumpul dan membentuk bola yang disebut morula. Disebut morula karena bentuknya seperti arbei dengan bentuk kecil dan tidak berlubang.

2. Fase blastula
Pada fase ini, morula yang terbentuk terus membelah hingga jumlahnya mencapai 100 sel. Karena jumlahnya yang banyak, bola juga membentuk rongga yang disebut blastula. Rongga yang ada kemudian berganti nama menjadi Blastosol. Massa sel terdiri dari asam laktat, piruvat, asam amino dan menjadi embrio manusia. Kemudian sel-sel terluar yang melingkupi massa tersebut menjadi plasenta, yang berfungsi memberi nutrisi pada embrio.

3. Fase gastrula
Pada fase gastrula, sel-sel yang terbentuk pada fase blastula mengalami perubahan. Reorganisasi menghasilkan 3 lapisan germinal. Lapisan ini juga disebut lapisan embriogenik, dari mana lapisan embrio kemudian berkembang. Sedangkan lapisan yang terbentuk pada tahap ini antara lain sebagai berikut:
– Lapisan ektoderm yang merupakan lapisan paling luar dari embrio.
– Lapisan mesoderm yang merupakan lapisan tengah.
– Lapisan endoderm yang merupakan lapisan inti sel dari embrio yang akan mengalami perkembangan menjadi janin.

Baca Juga :  Seorang pengusaha restoran mendapat omzet penjualan pada bulan pertama Rp4.000.000,00. setiap bulan omzet penjualannya naik sebesar Rp500.000,00. tentukan omzet penjualan pengusaha tersebut selama 10 tahun pertama!

Jadi, peristiwa yang terjadi pada tahapan morula, yaitu zigot membelah dan menghasilkan sel-sel seperti buah arbei (D).

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com