Bagaimana caranya menangani limbah gas yang berasal dari kendaraan bermotor dan industri, agar tidak mencemari udara??

Bagaimana caranya menangani limbah gas yang berasal dari kendaraan bermotor dan industri, agar tidak mencemari udara??

Jawabannya adalah desulfurisasi, menurunkan suhu pembakaran, menggunakan bahan bakar alternatif.

Limbah gas merupakan limbah yang disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil aktivitas manusia yang berbentuk molekul- molekul gas dan pada umumnya memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi. Limbah gas ini tentu saja berbentuk gas. Oleh karena bentuknya gas, maka limbah pabrik gas ini biasanya mencemari udara. Beberapa contoh limbah gas ini antara lain adalah kebocoran gas, pembakaran pabrik, kendaraan bermotor, asap pabrik sisa produksi dan lain sebagainya. Cara menanggulanginya adalah:

– Desulfurisasi. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan filter basah atau wet scrubber. Desulfurisasi ini dapat menghilangkan gas sulfur oksida sebagai hasil pembakaran bahan bakar. Selain sulfur oksida, cara ini juga dapat mengontrol jumlah gas- gas buang lainnya seperti nitrogen oksida, karbon monoksida, dan hidrokarbon.

– Menurunkan suhu pembakaran. Cara ini dapat dilakukan dengan cara memasang alat pengubah katalitik dengan tujuan menyempurnakan pembakaran. Gas – gas buang yang dapat dikontrol dengan menggunakan alat ini antara lain adalah nitrogen oksida, karbon monoksida dan hidrokarbon.

– Menggunakan bahan bakar alternatif. Penggunaan bahan bakar alternatif juga dapat menjadi cara menangani pencemaran udara oleh adanya limbah gas. Pakailah bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan tidak banyak mengandung bahan- bahan kimia yang berbahaya.

𝑱𝒂𝒅𝒊, 𝑱𝒂𝒘𝒂𝒃𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒅𝒆𝒔𝒖𝒍𝒇𝒖𝒓𝒊𝒔𝒂𝒔𝒊, 𝒎𝒆𝒏𝒖𝒓𝒖𝒏𝒌𝒂𝒏 𝒔𝒖𝒉𝒖 𝒑𝒆𝒎𝒃𝒂𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏, 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒈𝒖𝒏𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒃𝒂𝒉𝒂𝒏 𝒃𝒂𝒌𝒂𝒓 𝒂𝒍𝒕𝒆𝒓𝒏𝒂𝒕𝒊𝒇.

Baca Juga :  The soup is tasteless. I must put . . . salt in it.