Apa yang dimaksud dengan kerajaan Majapahit

apa yang dimaksud dengan kerajaan Majapahit

Jawabannya adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia.

Kerajaan Majapahit didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya. Awalnya, Kerajaan Majapahit berpusat di Mojokerto, Jawa Timur. Pada era Jayanegara (1309-1328), ibukota dipindahkan ke Trowulan. Kemudian pada era Girindrawardhana (1456-1466) berkuasa, pusat Majapahit dipindahkan ke Kediri.

Kerajaan Majapahit mencapai masa jaya pada era Raja Hayam Wuruk atau Rajasanagara (1350-1389) berkat dukungan Mahapatih Gajah Mada. Saat itu, Kerajaan Majapahit menguasai sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, wilayah-wilayah kepulauan di timur Jawa, hingga ke Tumasik (Singapura) dan sebagian Kepulauan Filipina. Dari segi ekonomi, Majapahit menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara dengan ekspor lada, garam, dan lengkeng. Bukti-bukti peninggalan Kerajaan Majapahit hingga kini masih bisa disaksikan, muncul dalam berbagai rupa seperti situs, candi, kitab, dan arsitektur.

Jadi, jawabannya adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia.

Baca Juga :  Andi mempunyai sebuah cermin cekung yang memiliki jarak focus 10 cm. dimanakah Andi harus meletakkan sebuah pensil jika bayangan pensi yang Andi inginkan adalah nyata dan besarnya dua kali semula ?