Balaputradewa adalah raja Kerajaan Sriwijaya yang merupakan cucu seorang raja Jawa bernama Dharanindra, seperti yang tertera dalam prasasti Nalanda. Balaputradewa diangkat menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam berbagai bidang, antara lain di bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Selain itu perluasan wilayah dan penguatan kekuasaan Sriwijaya Wilayah kekuasaan meliputi hampir seluruh Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan semenanjung melayu. Bukan hanya itu, wilayah kekuasaan Sriwijaya juga membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, dan Semenanjung Malaya. Selain itu, saat Balaputradewa berkuasa agama Buddha mengalami perkembangan yang pesat. Mengapa Balaputradewa membangun armada laut yang kuat?

Balaputradewa adalah raja Kerajaan Sriwijaya yang merupakan cucu seorang raja Jawa bernama Dharanindra, seperti yang tertera dalam prasasti Nalanda. Balaputradewa diangkat menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam berbagai bidang, antara lain di bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Selain itu perluasan wilayah dan penguatan kekuasaan Sriwijaya Wilayah kekuasaan meliputi hampir seluruh Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan semenanjung melayu. Bukan hanya itu, wilayah kekuasaan Sriwijaya juga membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, dan Semenanjung Malaya. Selain itu, saat Balaputradewa berkuasa agama Buddha mengalami perkembangan yang pesat.
Mengapa Balaputradewa membangun armada laut yang kuat?
a. Agar kekayaan laut banyak dihasilkan
b. Agar dapat melawan musuh yang menyerang
c. Supaya jalur pelayaran di Sriwijaya menjadi aman
d. Untuk memajukan kerajaannya

Jawaban: C. Supaya jalur pelayaran di Sriwijaya menjadi aman

PEMBAHASAN
Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

Baca Juga :  Negara yang pertama kali menciptakan jembatan