Raja yang terkenal dari kesultanan Aceh Darussalam

raja yang terkenal dari kesultanan Aceh Darussalam

Jawabannya adalah Sultan Iskandar Muda.

Kesultanan Aceh Darussalam lahir dari penggabungan Kerajaan Lamuri dan Kerajaan Aceh. Pendiri Kesultanan Aceh Darussalam adalah Sultan Ali Mughayat Shah atau Raja Ibrahim pada tahun 1514.

Kesultanan Aceh Darussalam mengalami masa kejayaan pada era Sultan Iskandar Muda (tahun 1607-1636). Perubahan kehidupan politik di Kerajaan Aceh dimulai ketika Sultan Iskandar Muda mulai memerintah. Pada masa-masa sebelumnya, politik Kerajaan Aceh berfokus pada kekuatan militer sebagai upaya mempertahankan keberadaan dari ancaman dari luar. Ketika Sultan Iskandar Muda berkuasa, ia tidak hanya melanjutkan kegiatan ekspansi wilayah seperti para pendahulunya. Ia juga berfokus pada penataan sistem politik kerajaan. Terutama yang berkaitan dengan konsolidasi dan peletakan pengawasan terhadap wilayah-wilayah yang telah dikuasainya.

Dari sisi perdagangan, harga hasil bumi tidak dipatok rendah untuk menyokong perekonomian kerajaan. Di samping itu, dibangun pula bandar dagang utama didirikan dan dilakukan pengawasan untuk pergerakan orang-orang asing.

Selain itu, Sultan Iskandar Muda juga tetap meneruskan perjuangan Aceh menyerang Portugis. Kekuatan Kesultanan Aceh Darussalam kala itu sangat diperhitungkan. Belanda yang datang setelah Portugis pun akhirnya memilih wilayah lain seperti Jawa dan Maluku.

Jadi, jawabannya adalah Sultan Iskandar Muda.

Baca Juga :  Sebutkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mendekor sebuah patung?​