Salah satu faktor penyebab kemunduran kerajaan Aceh

Salah satu faktor penyebab kemunduran kerajaan Aceh

Jawaban: tidak ada pemimpin yang cakap, terjadinya perpecahan internal, dan banyak negeri taklukan yang memisahkan diri.

PEMBAHASAN
Kerajaan Aceh atau kesultanan Aceh Darussalam berdiri pada tahun 1496 Masehi. Yang tercatat pernah menjadi kerajaan besar di Serambi Mekah. Kejayaan kesultanan Aceh ini terjadi pada masa Sultan Iskandar Muda (1607 – 1639) dikatakan, saat Sultan Iskandar Muda memegang kekuasaan, Aceh menjadi pusat pendidikan dan mencapai puncak kejayaan dengan pesat.

Dibawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda. Kerajaan Aceh melakukan penaklukan keberbagai wilayah. Kesultanan Aceh juga menguasai sektor perdagangan dan punya bandar niaga yang disinggahi para saudagar dari berbagai bangsa dunia. K

Pada tahun 1636 Sultan Iskandar Muda mangkat. Hal inilah yang menjadi faktor utama kemunduran kesultanan Aceh secara perlahan. Karena setelah wafatnya Sultan Iskandar Muda, tidak ada pemimpin yang cakap untuk menggantikannya, terjadinya perpecahan internal, dan banyak negeri taklukan yang memisahkan diri termasuk Johor, Pahang, Perlak, Minangkabau, dan Siak.

Jadi, penyebab kemunduran kerajaan Aceh adalah tidak ada pemimpin yang cakap, terjadinya perpecahan internal, dan banyak negeri taklukan yang memisahkan diri.

Baca Juga :  Jalur transportasi pada tumbuhan dapat dibagi menjadi dua secara umum, yaitu simplas dan apoplas. jalur simplas meliputi pergerakan zat melalui sitoplasma dari tumbuhan, sementara jalur apoplas melalui membran plasma atau di luar dari sitoplasma sel. namun untuk bisa masuk ke dalam xilem, zat-zat harus melalui pita caspary pada endodermis yang bersifat selektif permeable. zat harus masuk menggunakan jalur simplas untuk bisa masuk ke dalam xilem dikarenakan substrat penghalang dari pita caspary. substrat tersebut adalah?