Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B. Pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar. Gerakan ini merupakan ….

Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B. Pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar. Gerakan ini merupakan ….
a. Mengunci lawan dari luar tangan
b. Mengunci sikut lawan
c. Mengunci lawan dari dalam tangan
d. Menahan sikut lawan dari atas bahu

Jawaban yang benar adalah D. Menahan siku lawan dari atas bahu.

Pembahasan:
Pencak silat adalah jenis olahraga yang termasuk ke dalam suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara. Seni bela diri ini dikenal secara luas di beberapa negara yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara.

Salah satu gerakan dalam pencat silat adalah tangkisan, dimana tangkisan ini merupakan bentuk pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan serangan. Salah satu jenis tangkisan adalah tangkisan satu lengan, dimana terdiri dari tangkisan luar, tangkisan dalam, tangkisan bawah, dan tangkisan atas. Tangkisan luar ini merupakan jenis tangkisan pada pencak silat yang sejajar dengan bahu dan dilakukan untuk menahan siku lawan dari atas bahu. Posisi tangan saat melakukan posisi awal pada prinsip dasar tangkisan luar adalah menempel di depan dada.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. Menahan siku lawan dari atas bahu.

Baca Juga :  Every mornIng I 1.____ at five o'clock. First. I go to the 2.____. I 3.____ my teeth and take a bath. After that, I get 4.____ and comb my hair. Then I go to the 5.____. I eat sandwich and a glass of milk for breakfast. Then, I go to 6.____ by my 7.____. I 8.____ at school and then I study. I go 9.____ at one o'clock. I have 10.____ and play with my friends. In The evening, I 11.____ dinner with my family and then we 12.____ watching TV. I do my 13.____. I go to 14.____ at half past nine.