Tokoh pemrakarsa ASEAN dari negara Thailand ialah ….

Tokoh pemrakarsa ASEAN dari negara Thailand ialah ….

Jawaban : Thanat Koman

Pembahasan :

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yang merupakan organisasi Perkumpulan untuk negara-negara di Asia Tenggara dengan dalam rangka pengembangan ekonomi dan geopolitik khusus.

Pada masa sebelum pendirian ASEAN, wilayah asia tenggara merupakan wilayah yang bisa dikatakan rumit. Banyak terjadi konfik baik Internal maupun eksternal di wilayah Asia Tenggara. Asia Tenggara juga merupakan tempat yang srategis, sehingga beberapa negara di wilayah ini menjadi basis antara blok timur dan barat dalam perang dingin, seperti Vietnam dan Filipina.

Melihat kondisi tersebut, beberapa pemimpin di asia tenggara melakukan inisiatif untuk membuat organisasi di wilayah ASEAN dalam rangka menciptakan suasana damai sekaligus pengembangan ekonomi di wilayah ASEAN. Pertemuan bersejarah itu berlangsung di Bangkok, Thailand, pada tanggal 5- 8 Agustus 1967.

Berikut adalah lima negara pendiri ASEAN beserta nama perwakilannya:

1. Indonesia: Adam Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia)
2. Malaysia: Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Menteri Malaysia)
3. Singapura: Sinnathamby Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura)
4. Filipina: Narciso Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina)
5. Thailand: Thanat Koman (Menteri Luar Negeri Thailand)

Beberapa tahun di masa depan, negara lain pun juga akhirnya ikut masuk ke organisasi ASEAN, yaitu Brunei Darussalam pada 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos pada 23 Juli 1997, Myanmar pada 23 Juli 1997 , dan Kamboja pada 30 April 1999.

Dengan demikian, tokoh pemrakarsa ASEAN dari negara Thailand ialah Thanat Koman

Terimakasih sudah bertanya, semoga bermanfaat ya 🙂

Baca Juga :  -۲ أكتب الدرس ب أ- العين ب- - اليد ج- الحنجرة د الرجل