Apa yang dimaksud dengan jalur sutra

apa yang dimaksud dengan jalur sutra

Jalur Sutera adalah jalur perdagangan yang menghubungkan bangsa di Timur dan di Barat dimana kebanyakan pedagang yang ada pada jalur ini memperdagangkan kain sutera.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Sejak awal abad Masehi aktivitas pelayaran dan perdagangan kuno dilakukan melalui jalur sutra. Jalur sutera adalah jalur perdagangan kuno yang terbentuk selama berabad-abad yang menghubungkan bangsa di Barat dan Timur, contohnya bangsa Cina yang menuju India, atau sebaliknya. Jalur ini banyak dilalui oleh para pedagang yang memperjual belikan kain sutera yang saat itu dianggap sangat berharga, sehingga dinamakan jalur sutera. Lama kelamaan, jalur ini terkenal dan semakin ramai, sehingga banyak pelabuhan dan pedagang dari berbagai penjuru negeri melakukan kegiatan ekonomi disini. Selain berdagang, karena mereka melakukan perjalanan dagang dari negeri satu ke negeri lain, banyak pedagang yang perlu singgah di wilayah-wilayah pesisir, sehingga terjadi juga asimilasi budaya, baik itu agama dan juga ilmu pengetahuan antara pedagang dari berbagai negeri dengan masyarakat pesisir disuatu daerah.

Dengan demikian, Jalur Sutera adalah jalur perdagangan yang menghubungkan bangsa di Timur dan di Barat dimana kebanyakan pedagang yang ada pada jalur ini memperdagangkan kain sutera.

Baca Juga :  Yang merupakan ciri-ciri bioteknologi konvensional adalah ....