Cara Cepat Mematikan Komputer dengan Keyboard

Dalam hal pemakaian Komputer/Laptop, kemungkinan terjadinya berbagai masalah sangatlah banyak sekali. Baik dari masalah yang paling ringan hingga masalah yang paling berat.

Contohnya seperti sistem komputer yang terkadang error, hang, dan hingga kursor yang tidak mau bergerak dan tidak berfungsi. Terkadang hal ini sering sekali terjadi dalam pemakaian komputer.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Namun Langkah pertama dan yang sering dilakukan adalah mematikan Laptop terlebih dahulu.

Yang menjadi masalah disini adalah, bagaimana cara mematikannya? sedangkan kursor saja tidak dapat bergerak?

Dari masalah tersebut, tidak sedikit orang mematikan Komputer/Laptop dengan cara menekan langsung tombol power hingga Laptop mati. Padahal ini salah fatal !

Kenapa fatal? Karena kebiasaan menekan tombol power untuk mematikan Komputer/Laptop dapat membuat Hardisk dan komponen lainya menjadi rusak.

Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah saat Komputer/Laptop Hang atau kursor tidak bisa bergerak, gunakanlah Keyboard untuk mematikan Komputer/Laptop. Karena keyboardlah yang masih aktif saat terjadi error atau hang.

Cara Mematikan Komputer Dengan Keyboard

Cara mematikan Komputer/Laptop itu tidaklah sulit, dan bisa dilakukan di semua Sistem Operasi seperti Windos XP, Windos 7, Windows 8, dan Windows 10.

Keuntungan Mematikan Komputer/Laptop dengan Keyboard:

  • Proses Shutdown Lebih Cepat
  • Mematikan Laptop tanpa Mouse ataupun touchpad
  • Sangat mudah dilakukan dan Tidak ribet

Adapun caranya pun berbeda-beda. Ada beberapa cara yang dapat dicoba dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut caranya:

1. Mematikan Komputer/Laptop dengan Keyboard Menggunakan Shortcut ALT + F4

Cara yang paling umum dilakukan dalam mematikan Komputer/Laptop adalah dengan menekan tombol kombinasi ALT+F4. Dan cara ini bisa dilakukan disemua jenis windows, mulai dari windows XP hingga Windows 10.

Urutan cara mematikanya, pada posisi layar layar utama Desktop tekan tombol kombinasi ALT+F4. Kemudian akan muncul jendela baru, atur pengaturan ke Shutdown menggunakan tanda panah kebawah, lalu klik OK untuk mematikan. Tunggu beberapa saat maka Komputer/Laptop akan mati.

Selain Shutdown, kamu juga akan dihadapkan dengan opsi lain seperti Sleep dan Restart yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

2. Mematikan Komputer/Laptop dengan Keyboard Menggunakan Kombinasi Tombol CTRL+ALT+DEL

Bagi kamu yang sudah lama bermain komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan kombinasi tombol CTRL+ALT+DEL ini.

Kebanyakan orang menggunakan kombinasi tombol CTRL+ALT+DEL ini untuk membuka Task Manager. Dimana kita bisa melakukan banyak hal di Task Manager, terutama mengatur berjalanya Aplikasi-Aplikasi di komputer.

Pada Sistem Operasi Windows baik windows 7 sampai 10, terdapat jendela khusus saat user menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+DEL, yaitu terdapat tombol shutdown yang bisa diaktifkan dengan Keyboard.

Urutan Lengkapnya seperti ini:

1. Saat Komputer/Laptop berada pada layar utama, tekan tombol CTRL+ALT+DEL

2. Kemudian akan muncul jendela baru

3. Gunakan tombol tanda panah pada keyboard untuk mengarah ke tombol shutdown

4. Klik Enter pada Keyboard

Secara otomatis Komputer/Laptop akan mati dengan sendirinya.

3.Mematikan Komputer/Laptop dengan Keyboard Menggunakan CMD

CMD adalah singkatan dari Command Prompt. Fungsi CMD adalah sebagai terminal untuk memasukkan perintah-perintah di Windows.

Ada banyak sekali operasi komputer yang dapat dilakukan didalam CMD, dan itu dilakukan dengan code perintah tertentu yang memiliki macam code perintah berbeda-beda. Salah satu operasi yang dapat dilakukan adalah mematikan Komputer. Saya pun juga sudah mencobanya dan berhasil.

Berikut Langkah-Langkahnya:

1. Tekan tombol Windows + R di Keyboard.

2. Pada kolom pencarian ketik CMD .

3. Tekan Enter untuk Ok. Kemudian akan muncul jendela baru berwarna hitam untuk mengisikan perintah.

4. Ketik Shutdown.exe -s lalu tekan Enter.

5. Windows akan menampilkan jendela konfirmasi untuk mematikan Komputer sebelum Shutdown.

Tidak hanya itu saja, ternyata kita juga dapat memberikan timer. Dengan cara mengetikkan perintah shutdown.exe -s -t 60 maka Komputer/Laptop akan mati dalam waktu 60 detik.

Selain itu kamu juga bisa mengubah waktu timer sesuai keinginanmu.

4. Mematikan Komputer/Laptop dengan Keyboard Menggunakan Tombol Khusus Untuk Windows XP

Jika Kamu adalah pengguna komputer lama dengan sistem operasi Windows XP, kamu dapat melakukan shutdown melalui keyboard dengan cara khusus yang sedikit berbeda dengan cara-cara sebelumnya.

Berikut Langkah-Langkahnya:

1. Silahkan tekan tombol Windows, kemudian tekan tombol U dan tekan lagi tombol U (tekan tombol U 2 kali). Silahkan tunggu beberapa saat, maka Komputer akan mati.

Atau dengan cara yang sedikit berbeda. Berikut caranya:

2. Tekan tombol ALT+F4 kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol U. Maka beberapa saat Komputer/Laptop akan mati.

Akhir Kata

Demikian Cara Mematikan Komputer/Laptop dengan Keyboard. Saya sudah sampaikan dengan cara yang berbeda-beda. Supaya Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah dan efektif. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *