Jelaskan pengambilan keputusan dalam musyawarah!

Jelaskan pengambilan keputusan dalam
musyawarah!

Jawaban yang tepat terkait pengambilan keputusan berdasarkan mufakat dilakukan setelah kepada anggota rapat yang hadir diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat serta saran, dan dipandang cukup untuk diterima oleh rapat sebagai penyelesaian masalah yang sedang dimusyawarahkan. Keputusan berdasarkan mufakat adalah sah apabila diambil dalam rapat yang telah mencapai kuorum dan disetujui oleh semua yang hadir. Keputusan berdasarkan suara terbanyak diambil apabila keputusan berdasarkan mufakat sudah tidak terpenuhi karena adanya pendirian sebagian anggota rapat yang tidak dapat dipertemukan lagi dengan pendirian anggota rapat yang lain.

Pengambilan keputusan secara terbuka dilakukan apabila menyangkut kebijakan dan dilakukan secara tertutup apabila, menyangkut orang atau masalah lain yang dianggap perlu. Pemberian suara secara tertutup dilakukan dengan cara tertulis, tanpa mencantumkan nama, tanda tangan, fraksi pemberi suara atau tanda lain yang dapat menghilangkan sifat kerahasiaan, atau dapat juga dilakukan dengan cara lain yang tetap menjamin sifat kerahasiaan. Keputusan berdasarkan suara terbanyak adalah sah apabila diambil dalam rapat yang telah mencapai kuorum dan disetujui oleh lebih separuh jumlah anggota yang hadir

Pembahasan :

Keputusan bersama adalah keputusan yang dibuat bersama dan dilaksanakan untuk kepentingan bersama. Sehingga keputusan bersama diharapkan bisa menyelesaikan suatu masalah atau mengadakan kegiatan yang diambil dan disetujui oleh semua pihak yang terlibat. Musyawarah adalah kegiatan berdiskusi untuk memutuskan suatu hal dan mendapat kesepakatan bersama (mufakat) yang paling baik untuk kepentingan bersama. Di dalam musyawarah, setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya. Selama pendapat tersebut masuk akal, memiliki alasan yang jelas, tidak bermaksud menyinggung, dan bertujuan untuk kebaikan bersama, maka pendapat itu wajib ditampung.

Baca Juga :  (1) mengenali topik buku (2) mengetahui pendapat atau opini orang tentang buku (3) mendapatkan bagian penting buku (4) mengetahui cara berpikir penulis, organisasi penulisan, urutan ide pokok. Data diatas merupakan hal-hal yang perlu dipahami dalam membaca dengan teknik...

Pemungutan suara adalah pengambilan keputusan bersama dilakukan berdasarkan jumlah suara terbanyak. Biasanya pemungutan suara dilakukan ketika musyawarah tidak bisa mencapai kesepakatan yang mufakat. Setiap orang berhak memberikan pendapat dari pilihan yang ditentukan. Lalu pilihan terbanyak akan diambil sebagai keputusan bersama. Dalam pemungutan suara, setiap orang memiliki hak dan kedudukan yang setara yang mewakili 1 suara saja.

Jadi, pengambilan keputusan dalam musyawarah dapat dilakukan apabila telah mencapai mufakat yang di setujui bersama.