Perhatikan pernyataan berikut! 1) PPKI 2) BPUPKI 3) Piagam Jakarta 4) Pancasila 5) Chuo Sangi In Urutan peristiwa yang benar adalah ….

Perhatikan pernyataan berikut!
1) PPKI
2) BPUPKI
3) Piagam Jakarta
4) Pancasila
5) Chuo Sangi In
Urutan peristiwa yang benar adalah ….
a. 1, 2, 3, 5, dan 4
b. 1, 3, 4, 5, dan 2
c. 5, 2, 3, 4, dan 1
d. 4, 5, 3, 2, dan 1
e. 2, 3, 4, 5, dan 1

Jawaban yang tepat adalah C. 5, 2, 3, 4, dan 1

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Dalam sejarah Indonesia terdapat beberapa badan bentukan dari bangsa Jepang yang berkaitan dengan pembuatan dasar negara bangsa Indonesia yakni Pancasila. Adapun badan yang dibentuk pada masa awal pendudukan Jepang yakni Chuo Sangi In. Chuo Sangi In merupakan organisasi yang dibentuk pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada 1 Agustus 1943. Chuo Sangi In ini merupakan sebuah Badan Pertimbangan Pusat yang tugasnya ialah memberikan saran-saran serta tindakan yang dapat diambil oleh pemerintah Jepang. Kemudian ketika terdesak maka Jepang mengambil keputusan untuk menjanjikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dengan realisasinya ialah pembentukan BPUPKI, sebagai upaya perumusan dasar negara.

Keputusan yang penting dalam beberapa sidang yang dilaksanakan sehingga menghasilkan rumusan yang kemudian disebut dengan Piagam Jakarta oleh Panitia Sembilan. Lalu tugas BPUPKI selesai, maka dibentuklah PPKI yang melakukan sidang setelah Indonesia merdeka dengan keputusan sidang pertamanya ialah mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara yang terdapat dalam Piagam Jakarta.

Dengan demikian, urutan peristiwa yang benar adalah Chuo Sangi In, Piagam Jakarta, BPUPKI, PPKI, dan Pancasila.

Baca Juga :  Diketahui ka dari larutan HOCl, HCN, CH3COOH, dan C6H5COOH berturut-turut 2,8×10^(−8),6,0×10^(−10), 1,8×10^(−5), dan 6,5×10^(−5). urutan kekuatan asam yang semakin meningkat yaitu: …